Perempuan dan Ranah Publik (Studi Kasus : Pemilihan Kepengurusan Bamus di Nagari Koto Tuo Pasaman Barat pada Tahun 2023)

Nofiana, Nofi (2024) Perempuan dan Ranah Publik (Studi Kasus : Pemilihan Kepengurusan Bamus di Nagari Koto Tuo Pasaman Barat pada Tahun 2023). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover sampai Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi Nofiana (Post).pdf - Published Version

Download (744kB)
[img] Text (BAB I)
Bab 1 Nofiana (Post).pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3 Nofiana (Post).pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (BAB V sampai Daftar Pustaka)
BAB 5 Nofiana (Post).pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Nofiana (Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana partisipasi dan representasi religiusitas kandidat perempuan calon pengurus pada ajang pemilihan Badan Musyawarah (BAMUS) 2023 di nagari Koto Tuo, Kabupaten Pasaman Barat. Terdapat dua hal penting yang perempuan yang berpartisipasi dalam studi ini. Pertama, apa saja faktor yang melatarbelakangi adanya partisipasi kandidat perempuan pada pemilihan pengurus Bamus 2023 di Koto Tuo Pasaman Barat. Kedua, bagaimana representasi religiusitas kandidat perempuan yang menjadi calon anggota dalam pemilihan Pengurus Bamus 2023 di Koto Tuo Pasaman Barat Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi casus lapangan (field research). Hasil dari studi ini menemukan bahwa; Pertama, ada lima faktor yang melatarbelakangi adanya partisipasi kandidat perempuan pada pemilihan pengurus Bamus 2023 di Koto Tuo Pasaman Barat yaitu (i) ingin memajukan nagari (ii) ingin memberdayakan masyarakat terutama perempuan dan anak-anak dalam bidang ekonomi dan pendidikan (iii) ingin mengembangkan kegiatan keagamaan (iv) adannya dukungan keluarga dan masyarakat (v) ingin mendapatkan pengalaman baru di pemerintahan . Kedua, Agama terepresewntasi dalam pemilihan anggota bamus dalam bentuk adanya calon anggota bamus dari lembaga organisasi keagamaan seperti Muhammadiyah dan NU tersebut. Nilai-nilai keagamaan ini merupakan latar belakang dari adanya representasi religiusitas dari perempuan-perempuan yang mengikuti ajang pemilihan anggota Bamus di nagari Koto Tuo. Dari dua temuan studi di atas, studi ini menyimpulkan bahwa perempuan yang sadar akan pentingnya berpartisipasi dan berkontribusi pada ranah publik merupakan sebuah pemikiran yang harus diapresiasi dan potensi yang dimiliki oleh perempuan-perempuan ini sudah semestinya didukung supaya dapat berkecimpung pada ruang publik. Kata Kunci: Partisipasi, Representasi Religiusitas, Ranah Publik, Perempuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Representasi Religiusitas, Ranah Publik, Perempuan
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:34
Last Modified: 27 Mar 2024 07:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19298

Actions (login required)

View Item View Item