Upaya Pemerintah Nagari dalam Meningkatkan Tertib Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Nagari Kampung Batu Dalam Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok Perspektif Siyasah Idariyah

Afrianeli, Loli (2024) Upaya Pemerintah Nagari dalam Meningkatkan Tertib Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Nagari Kampung Batu Dalam Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok Perspektif Siyasah Idariyah. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI Loli afrianeli 2013030086.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Loli Afrianeli. NIM 2013030085. BAB 1..pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB III)
Loli Afrianeli. NIM 2013030085. BAB 3..pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (BAB V dan DAFTAR PUSTAKA)
BAB 5-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text Loli Afrianeli 2013030085.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah melihat apa upaya Pemerintah Nagari dalam meningkatkan tertib administrasi kependudukan dan pencatatn sipil di Nagari Kampung Batu Dalam. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: pertama, apa kebijakan Pemerintah Nagari dalam meningkatkan tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Nagari Kampung Batu Dalam. Kedua, apa faktor pendukung dan penghambat Pemerintah Nagari dalam meningkatkan tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Nagari Kampung Batu Dalam. Ketiga, bagaimana upaya Pemerintah Nagari dalam meningkatkan tertib administrasi kependudukan perspektif Siyasah Idariyah Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut penulis menggunakan Field Research (penelitian lapangan) dengan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara. Sebagai metode utama dan analisa data menggunakan analisa kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pertama, Pemerintah Nagari telah melakukan kebijakan dalam meningkatkan tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil berupa membuat pengumuman di mading Kantor Wali Nagari tentang alur pengurusan administrasi kependudukan dengan tujuan masyarakat mengetahui informasi tentang administrasi kependudukan dan memberikan himbauan di Masjid tentang pentingnya administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Namun, upaya tersebut belum maksimal karena tidak dilakukan secara rutin dan pemerintah tidak melakukan upaya lain dalam meningkatkan tertib administrasi kependudukan. Kedua, faktor pendukung dalam penertiban administrasi kependudukan Nagari Kampung Batu Dalam ialah fasilitas yang sudah memadai dan tersedianya akses internet. Kemudian faktor penghambatnya ialah kesadaran masyarakat yang rendah, kurangnya partisipasi pemerintah, dan kedisiplinan Perangkat Nagari yang masih rendah. Ketiga, dalam perspektif siyasah idariyah, upaya Pemerintah Nagari dalam meningkatkan tertib administrasi, sudah cepat dalam pelayanan namun Pemerintah Nagari Kampung Batu Dalam belum profesional dalam pelayanan karena kedisplinan Perangkat Nagari dalam bekerja masih kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemerintah nagari, administrasi kependudukan.
Subjects: U Umum (General) > Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:25
Last Modified: 27 Mar 2024 06:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19296

Actions (login required)

View Item View Item