Ideologi - Ideologi pada Novel Karya Khairul Jasmi (Studi Analisis Wacana Kritis Terhadap Novel Perempuan Yang Mendahului Zaman Dan Sang Ulama Penggerak)

Amanda, Vivi Zalya (2024) Ideologi - Ideologi pada Novel Karya Khairul Jasmi (Studi Analisis Wacana Kritis Terhadap Novel Perempuan Yang Mendahului Zaman Dan Sang Ulama Penggerak). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover - daftar isi)
vivi cover-daftar isi1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
Vivi Zalya Amanda_1912010097 Bab I.pdf - Published Version

Download (456kB)
[img] Text (Bab III)
Vivi Zalya Amanda_1912010097 Bab III.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (Bab V)
Vivi Zalya Amanda_1912010097 Bab V.pdf - Published Version

Download (477kB)
[img] Text (Full text)
vivi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ideologi adalah gagasan yang mencerminkan aspirasi dan kebutuhan sosial dari individu, kelompok dan budaya. Ideologi terdapat di mana saja, baik pada program televisi, koran, media sosial maupun buku. Ideologi dalam buku juga kerap dipaparkan dalam bentuk novel. Analisis Wacana Kritis menyebutkan ideologi pada novel merupakan konsep sentral dari AWK itu sendiri. Hal ini juga dipaparkan oleh Khairul Jasmi dalam karyanya. Salah satu bentuk dari karya dari KJ yaitu novel biografi Syekkah Rahmah El Yunussiyah dan Ibrahim Musa yang dikemas dalam novel yang berjudul Perempuan Yang mendahului Zaman dan Sang Ulama Penggerak. Kedua novel ini akan menjadi objek penelitian dalam penulisan skripsi ini Metodologi Penelitian digunakan untuk meneliti kedua novel tersebut adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan Analisis Wacana Kritis (AWK) oleh Teun A. Van Dijk. Adapun sumber dari penelitian ini yaitu naskah novel Perempuan Yang Mendahului Zaman dan Sang Ulama Penggerak. Data yang diperoleh akan di analisis secara kritis dengan teknik analisis data pendekatan AWK. Pengolahan data akan dilakukan dengan teknik Analisis Kualitatif dalam bentuk instrumen dokumuntasi. Adapun hasil penelitian ini diketahui bahwasanya masing-masing Novel memliki dua ideologi utama yang mendasarinya. Novel Perempuan Yang Mendahului Zaman terdapat dua ideologi yang mendominasi yaitu (a) ideologi Feminisme. Ideologi ini berusaha menjelaskan perjuangan Rahmah untuk memperjuangkan hak perempuan Minangkabau agar mendapatkan pendidikan dan kesamaan hak ditengah masyarakat yang menganut sistem Patriarki. (b) Ideologi Islam. Ideologi ini dipaparkan oleh KJ dalam ketaatan Rahmah untuk mengikuti ajaran agama dalam kehidupan. Berpedoman dalam Al-Quran dan Sunnah untuk mengambil keputusan. Novel Sang Ulama Penggerak juga di dominasi oleh dua ideologi yakni a. Ideologi pendidikan Islam. KJ berusaha menjelaskan urgensi pedidikan agama dalam kehidupan masyarakat. beserta pentingnya penyebaran agama dalam bidang pendidikan yang berpedoman kepada Al-Quran dan sunnah Rasulullah. b. ideologi Islam. Ideologi ini berusaha menggambarakan pandangan seseorang yang menjadikan Islam sebagai kebutuhan dasar seseorang dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ideologi, Analisis Wacana Kritis, Perempuan Yang Mendahului Zaman, Sang ulama Penggerak
Subjects: U Umum (General) > Kesusastraan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:47
Last Modified: 19 Jun 2024 08:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19277

Actions (login required)

View Item View Item