Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kantor Wali Nagari Lubuk Gadang Timur Kabupaten Solok Selatan Perspektif Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 dan Siyasah Dusturiyah

Gusmita, Welia (2024) Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kantor Wali Nagari Lubuk Gadang Timur Kabupaten Solok Selatan Perspektif Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 dan Siyasah Dusturiyah. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dan Daftar Isi)
Welia Gusmita. NIM 2013030024.Cover-Daftar Isi[1].pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
Welia Gusmita. NIM 2013030024. BAB I[1].pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (BAB III)
Welia Gusmita. NIM 2013030024. BAB III[1].pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Welia Gusmita.NIM 2013030024. BAB V dan Daftar Pustaka[1].pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
Welia Gusmita. NIM 2013030024. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (44MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi karena pelayanan yang diberikan oleh Pemerintahan Nagari belum baik. Hal ini dapat dilihat dari belum terlaksananya kewajiban penyelenggara pelayanan publik itu sendiri sebagaimana yang terdapat dalam Pasal 15 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Wali Nagari Lubuk Gadang Timur Kabupaten Solok Selatan perspektif Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 dan siyasah dusturiyah beserta faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Wali Nagari Lubuk Gadang Timur belum memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat sesuai dengan kewajiban penyelenggara pelayanan yang terdapat dalam Pasal 15 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik karena terdapatnya penghambat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kedua, jika dilihat dari perspektif Siyasah Dusturiyah, pelaksanaan pelayanan publik yang diberikan oleh Pemerintahan Nagari Lubuk Gadang Timur belum sesuai dengan siyasah dusturiyah dan belum terealisasikan dengan baik dimana Pemerintahan Nagari masih membedakan perlakuan kepada masyarakat karena masih adanya sistem kekeluargaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009, Siyasah Dusturiyah
Subjects: U Umum (General) > Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:12
Last Modified: 27 Mar 2024 06:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19274

Actions (login required)

View Item View Item