Analisis Penafsiran Ayat-Ayat Modera dalam Buku Ajar Madrasah Aliyah Kementeria Agama Perspektif Literatur Tafsir Indonesia Abad 20

Summlia Rika, Summalia Rika (2024) Analisis Penafsiran Ayat-Ayat Modera dalam Buku Ajar Madrasah Aliyah Kementeria Agama Perspektif Literatur Tafsir Indonesia Abad 20. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN DAFTAR ISI)
FILE COVER DAN DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FILE BAB I)
FILE BAB I.pdf - Published Version

Download (628kB)
[img] Text (FILE BAB III)
FILE BAB III.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (FILE BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
FILE BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (FILE FULLTEXT)
FILE TESIS FULLEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ayat-ayat al-Qur’an yang terindeks atau dimaknai dan ditafsirkan sebagai ayat moderasi yang terdapat dalam buku ajar Madrasah Aliyah yang diterbitkan oleh Kemenag. Hal ini menarik untuk dikaji apakah penulis buku ajar menafsirkan sendiri ayat-ayat tersebut atau mereka merujuk kepada literatur tafsir yang standar digunakan di Indonesia. Oleh karena itu, penulis ingin mengkonfirmasi kesesuaian antara penafsiran dalam buku ajar kepada tiga literatur tafsir Indonesia abad 20. Tafsir an-Nuur, al-Azhar, dantafsir al-Misbah. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana analisis penafsiran ayat bertemakan toleransi dan etika prgaulan, bagaimana analisis penafsiran ayat bertemakan kebebasan hati nurani dan keyakinan, dan bagaimana alisis penafsiran ayat bertemakan islam wasyatiah sebagai rahmatan lil’alamin. Penelitian ini merupakan penelitian library research dimana sumber primer buku ajar, Ilmu Tafsir kelas XI, Akhlah dan Akidah Akhlak kelas X. Tafsir an-Nuur, Tafsir al-Azhar dan Tafsir al-Misbah, dengan alasan tiga tafsir ini memiliki reputasi akademik yang mumpuni dan digunakan sebagai rujukan otoritatif pengkaji al-Qur’an di dunia internasional khususnya di Asia Tenggara. Sumber sekunder ialah sejumlah buku, jurnal, penelitian terkait. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif-analisis. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, bahwa terdapat kesesuaian antara uraian dalam buku ajar dan penafsiran dari Tafsir an-Nur, al-Azhar dan al-Misbah, bahwa kebenaran itu (al-Qur’an) datangnya dari Allah siapa yang hendak beriman maka berimanlah bagi siapa yang ingin ingkar maka biarlah ia dengan kekufurannya. Selain itu Q.S al-Hujurat 10-13 telah dijelaskan tentang etika dalam pergaulan, pada hakikatnya muslim itu bersaudara, di antara sesama muslim dilarang mengolok-olok antara satu dan yang lain, juga dilarang mengunjing, mengunjing itu dibaratkan dengan memakan daging saudaranya yang sudah mati, selain itu, dijadikannya beragam suku bangsa supaya kita saling mengenal. Kedua kebebasan hati nurani dan keyakinan penjelasan buku ajar dan tiga literatur tafsi, yakni an-Nur, al-Azhar, al-Misbah kompak menjelaskan bahwa orang muslim boleh mengajak orang non muslim untuk memeluk agama Islam namun tidak boleh mengajak dengan paksaan, , hal ini menunjukkan bahwa Allah menginginkan kedamaian itu, dirasakan oleh setiap manusia. Ketiga Islam wasathiyah sebagai rahmatan lil’alamin secara umum penjelasan buku ajar dan penjelas literatur Tafsir an-Nur, al-Azhar, al-Misbah bahwa umat Islam sebagai umat washatan, adalah umat yang adil, umat yang paling baik, tidak berlebihan dan tidak pula memudah-mudahkan, washata digambarkan seperti posisi ka’bah (di tengah) yang menjadikannya terlihat dari segala arah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Penafsiran, Moderasi, Buku Ajar, Tafsir an-Nur, al-Azhar dan al-Mibah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 28 Mar 2024 00:58
Last Modified: 28 Mar 2024 00:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19268

Actions (login required)

View Item View Item