Bauran Komunikasi Pemasaran Sanjai Di Jorong Sungai Cubadak Kabupaten Lima Puluh Kota

Geovani, Geovani (2024) Bauran Komunikasi Pemasaran Sanjai Di Jorong Sungai Cubadak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Geovani_1912010009 Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Geovani_1912010009 Bab I.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (BAB III)
Geovani_1912010009 Bab III.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (BAB V)
Geovani_1912010009 Bab V.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Geovani_1912010009 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Bauran komunikasi pemasaran adalah kumpulan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkannya di pasar sasaran. Dalam konteks pemasaran sanjai di Jorong Sungai Cubadak ada beberapa masalah yang teridentifikasi seperti minimnya kesadaran konsumen, keterbatasan akses pasar, dan terbatasnya strategi bauran komunikasi pemasaran. Fokus Penelitian ini membahas bagaimana bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh masyarakat Jorong Sungai Cubadak, khususnya dalam konteks sales promotion, personal selling dan direct marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran komunikasi pemasaran dalam penjualan sanjai di Jorong Sungai Cubadak Kabupaten Lima Puluh Kota. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini diperoleh dari data primer yaitu mengumpulkan data dengan melakukan wawancara mendalam kepada pemilik usaha, dan data skunder yang diperoleh dari buku, catatan, jurnal ilmiah dan laporan sebelumnya. Pengumpulan data diperoleh dari observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan memadatkan data, menampilkan data yang sudah didapatkan tadi kedalam suatu bentuk untuk membantu penarikan kesimpulan, serta menarik dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran komunikasi pemasaran sanjai yang dilakukan masyarakat Jorong Sungai Cubadak, yaitu sales promotion diantaranya melibatkan pemberian sampel produk dan potongan harga. Sedangkan dalam personal selling juga memperoleh bentuk salesmanship dan negotiating. Selanjutnya, penelitian ini mengeksplorasi penerapan direct marketing di Jorong Sungai Cubadak, dilakukan dengan memasarkan langsung di pasar tetap menjadi strategi utama masyarakat Jorong Sungai Cubadak dalam memasarkan sanjai menggunakan strategi diskon target, keanggotaan, dan pemesanan melalui telepon untuk mempertahankan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran,Komunikasi Pemasaran, Sanjai
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:51
Last Modified: 27 Mar 2024 04:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19262

Actions (login required)

View Item View Item