Efektivitas Penggunaan LKPD Berbasis TPACK Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Pariaman

Fahmi, Wafda (2024) Efektivitas Penggunaan LKPD Berbasis TPACK Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
abstrak-daftar isi merged.pdf - Published Version

Download (709kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (696kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (FULL TEXT)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2023/2024 yang disebabkan oleh belum efektifnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media pembelajaran LKPD berbasis TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan LKPD berbasis TPACK lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan LKPD biasa; 2) disposisi matematis peserta didik yang belajar menggunakan LKPD berbasis TPACK di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang dianalisis dengan uji-t dan angket disposisi matematis dengan menghitung derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan, diperoleh rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis di kelas ekseperimen 77,97 dan kelas kontrol 70,81. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan selang kepercayaan 95% diperoleh t_hitung=2,61 dan t_tabel=1,67 sehingga t_hitung>t_tabel. Ini berarti penggunaan LKPD berbasis TPACK efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Untuk angket disposisi matematis didapatkan derajat pencapaian 81,12% dengan kriteria sangat baik. Ini berarti rata-rata setiap peserta didik mempunyai disposisi matematis yang sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis TPACK efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD berbasis TPACK, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Disposisi Matematis
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:27
Last Modified: 26 Mar 2024 07:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19258

Actions (login required)

View Item View Item