Pengawasan Program Pendayagunaan Zakat Produktif Menuju Kesejahteraan Masyarakat Di Badan Amil Zakat Nasional Kota Padang

Yanti, Fitri (2024) Pengawasan Program Pendayagunaan Zakat Produktif Menuju Kesejahteraan Masyarakat Di Badan Amil Zakat Nasional Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover dan Daftar I SI)
Cover-Daftar Isi Fitri Yanti 1912030028.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I Fitri Yanti)
BAB I Fitri Yanti 1912030028.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III Fitri Yanti)
BAB lll Fitri Yanti 1912030028.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (BAB V Fitri Yanti)
BAB V dan daftar pustaka Fitri Yanti 1912030028.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text (Full Teks Skripsi Fitri Yanti)
2019 Skripsi Fitri Yanti-1912030028-MD-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar oleh ketidakmampuan mustahiq dalam memanfaatkan dana zakat, dimana dari 6 orang mustahiq, hanya 3 orang yang mampu memanfaatkan dana zakat dengan baik. Berdasarkan hasil observasi awal yang penulis lakukan, hal ini disebabkan oleh kurangnya kegiatan pengawasan program pendayagunaan zakat produktif menuju kesejahteraan masyarakat di BAZNAS Kota Padang. Hal itulah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut bagaimana pengawasan program pendayagunaan zakat produktif menuju kesejahteraan masyarakat di BAZNAS Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penetapan standar pelaksana, penilain kinerja dan tindakan perbaikan proses pengawasan program pendayagunaan menuju kesejahteraan masyarakat di BAZNAS Kota Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis melakukan observasi, wawancara, dan objek yang terkait (pimpinan, pegawai/staf dan mustahiq) serta mengamati langsung objek penelitian ke lapangan, kemudian ditambah dengan buku-buku sebagai landasan bagi penulis dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa standar program pendayagunaan zakat produktif menuju kesejahteraan masyarakat di BAZNAS Kota Padang terhadap mustahiq setelah menerima zakat yaitu pemanfaatan dana zakat dengan baik, keuntungan dapat membantu keluarga, dana harus berkembang dalam waktu 3 bulan untuk usaha jualan dan 4 bulan untuk peternak, serta mampu mengelola dana secara mandiri. Sehingga di harapkan untuk tahun berikutnya kelompok mustahiq ini tidak mengalami penurunan dan sudah ada yang menjadi muzakki. Penetapan standar ini dikategorikan menjadi 3 yaitu: kategori berhasil, kurang berhasil dan tidak berhasil. Penilaian dilakukan dengan melihat pemafaatan dana zakat yang dikelola oleh mustahiq dengan standar yang telah ditetapkan BAZNAS, diketahui bahwa dari 6 orang mustahiq, 3 orang usahanya dikategorikan berhasil karena mampu memanfaatkan dana zakat dengan baik, keuntungan yang diperoleh dapat membantu ekonomi keluarga serta mampu mengelola dana secara mandiri, dari 1 orang dikategorikan kurang berhasil kurang mampu memanfaatkan dana zakat dengan baik, keuntungan yang diperoleh hanya untuk kebutuhan sehari-hari serta belum mampu mengelola dana secara mandiri, dan 2 orang dikategorikan tidak berhasil karena belum mampu memanfaatkan dana zakat dengan baik, belum memperoleh keuntungan. Kemudian pengadaan tindakan perbaikan di BAZNAS Kota Padang tergantung penyebab kegagalannya. Jika disebabkan oleh faktor alam, maka BAZNAS akan memberikan bantuan berikutnya. Dan jika disebabkan oleh kelalaian mustahiq maka akan diberikan arahan, nasehat dan akan diadakan pelatihan serta pembinaan kepada mustahiq.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penetapan Standar, Penilaian Kinerja dan Pelaksanaan Tindakan Perbaikan
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Organisasi dan manajemen komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:42
Last Modified: 27 Mar 2024 03:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19246

Actions (login required)

View Item View Item