Pelaksanaan PERDA No. 3 Tahun 2018 Tentang Penglolaan Pasar Oleh Badan Usaha Milik Nagari Sijunjung Perspektif Fiqih Siyasah

Syukrian Agung, Muhammad (2024) Pelaksanaan PERDA No. 3 Tahun 2018 Tentang Penglolaan Pasar Oleh Badan Usaha Milik Nagari Sijunjung Perspektif Fiqih Siyasah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover 2.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (BAB I)
bab1.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (BAB V & Daftar Pustaka)
bab 5 dan daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Fulltext)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pedagang yang berjualan di pinggir-pinggir jalan raya, gang-gang, dan trotoar yang tidak sesuai dengan amanat di dalam PERDA Kabupaten Sijunjung No. 3 tahun 2018 tentang Pengelolaan Pasar. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana upaya BUMNag dalam pelaksanaan PERDA No. 3 Tahun 2018 tentang pengelolaan pasar?. Kedua, apa faktor-faktor atau kendala yang menghambat upaya BUMNag dalam pelaksanaan PERDA No. 3 Tahun 2018 tentang pengelolaan pasar?. Ketiga, bagaimana perspektif fiqih siyasah terhadap upaya BUMNag dalam pelaksanaan PERDA No. 3 Tahun 2018 tentang pengelolaan pasar?. Penelitian ini membahas bentuk upaya BUMNag, kendala BUMNag, dan tinjauan fiqih siyasah terhadap upaya BUMNag dalam penegakan PERDA No. 3 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Pasar. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Ketua BUMNag Sijunjung dan pedagang di Pasar Sijunjung. Kemudian data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: Pertama, bentuk upaya BUMNag Sijunjung dalam pelaksanaan PERDA No. 3 tahun 2018 adalah dengan melakukan beberapa program diantaranya: program pemeliharaan pasar, program pembangunan atau renovasi pasar, program peningkatan keamanan dan ketertiban pasar, dan program pembinaan pedagang pasar. Kedua, kendala BUMNag Sijunjung dalam pelaksanaan PERDA No. 3 tahun 2018 adalah masih banyak terdapat pedagang yang kurang disiplin dan pedagang yang tidak mau berjualan di los yang baru dibangun karena kurang memadai. Ketiga, tinjauan fiqih siyasah terhadap upaya BUMNag mengedepankan prinsip siyasah dusturiyah yaitu dengan mengeluarkan kebijakan atau program dalam menentukan aturan yang sejalan dengan syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pasar, BUMNag, Fiqih Siyasah
Subjects: Tajuk Subjek > Agama Islam > Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:36
Last Modified: 26 Apr 2024 06:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19232

Actions (login required)

View Item View Item