Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Penyelesaian Tunggakan Pinjaman Simpan Pinjam Perempuan (Studi Kasus di Desa Balai Naras Kota Pariaman)

Chakti, Mitsal Anugerah (2024) Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Penyelesaian Tunggakan Pinjaman Simpan Pinjam Perempuan (Studi Kasus di Desa Balai Naras Kota Pariaman). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover-daftar isi)
Cover - daftar isi.PDF - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.PDF - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2 skripsi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.PDF - Published Version

Download (639kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 skripsi.pdf - Published Version

Download (893kB)
[img] Text (BAB V & Daftar Pustaka)
Bab V -daftar pustaka.PDF - Published Version

Download (999kB)
[img] Text (Fulltext)
skripsi kirim.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah bagaimana pandangan fikih muamalah terhadap penyelesaian tunggakan pinjaman simpan pinjam perempuan (SPP) di Desa Balai Naras Kota Pariaman. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anggota yang melakukan wanprestasi tunggakan pinjaman terjadi pada tahun 2022. Permasalahan ini perlu pembahasan lebih lanjut untuk mengetahui (1) Apa yang menjadi persoalan sehingga terjadi wanprestasi dalam perjanjian pinjaman (SPP) di Desa Balai Naras Kota Pariaman? (2) Bagaimana penyelesaian pinjaman kelompok (SPP) ditinjau dari Fikih Muamalah? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research, guna melihat kejadian kejadian sebenarnya yang ada di lapangan dan hasil data lapangan di ambil dari wawancara kepada Informan penelitian yaitu pihak UPK dan Simpan Pinjam Perempuan (SPP). Setelah data penelitian terkumpul selanjutnya dilakukan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mendeskripsikan keadaan dari objek penelitian. Berdasarkan kajian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada persoalan kelompok SPP dari tahun 2019-2022. Strategi yang dilakukan yaitu sistem tanggung renteng, jaminan BPKB motor dan sertifikat tanah. Penyelesaian wanprestasi dilakukan dengan cara kekeluargaan tidak ada paksaan, memberikan tangguh perpanjangan waktu untuk membayar tunggakan pinjaman. Tinjauan Fikih Muamalah terhadap penyelesaian SPP sudah sesuai dengan QS. Al- Baqarah ayat 280 tentang penyelesaian masalah secara kekeluargaan dan memberikan kelonggaran waktu dalam pembayarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi, Simpan Pinjam Perempuan, Utang Piutang
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:35
Last Modified: 27 Mar 2024 05:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19226

Actions (login required)

View Item View Item