Penerapan Model Pembelajaran PACE Dengan Google Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Self-Efficacy Peserta Didik Kelas X Di MAN 1 Solok Plus Keterampilan

Ihsan, Wajahtul Musfira (2024) Penerapan Model Pembelajaran PACE Dengan Google Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Self-Efficacy Peserta Didik Kelas X Di MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
Cover sampai Daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (9).pdf - Published Version

Download (838kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (3).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V sampai Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (797kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi FullText Wajahtul Musfira.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy peserta didik kelas X di MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Usaha yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative, Exercise) dengan google classroom. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative, Exercise) dengan google classroom dan yang diajar menggunakan pembelajaran saintifik, serta self-efficacy peserta didik kelas eksperimen di MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Jenis penelitian adalah quasy eksperiment dengan randomized control grup only design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Solok Plus Keterampilan tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel terpilih XE.3 sebagai kelas eksperimen dan XE.1 sebagai kelas kotrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket self-efficacy. Teknik analisis data kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan Uji-t dan angket self-efficacy dilihat derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen 82,30 dan kelas kontrol adalah 73,37. Uji hipotesis diperoleh thitung (2,23) > ttabel (1,67) maka keputusannya H1 diterima. Dengan demikian kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative, Exercise) dengan google classroom lebih tinggi dari kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran saintifik di kelas X MAN 1 Solok Plus Keterampian. Selanjutnya untuk angket diperoleh derajat pencapaian self-efficacy peserta didik adalah 83,13% dengan kritetia tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative, Exercise) dengan google classroom dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 26 Mar 2024 05:18
Last Modified: 26 Mar 2024 05:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19222

Actions (login required)

View Item View Item