Rancang Bangun Sistem Informasi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Berbasis Website di UIN Imam Bonjol Padang (Studi Kasus: Fakultas Sains dan Teknologi)

Gustina, Haniva (2024) Rancang Bangun Sistem Informasi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Berbasis Website di UIN Imam Bonjol Padang (Studi Kasus: Fakultas Sains dan Teknologi). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Haniva Gustina NIM 1917020024 Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Haniva Gustina NIM 1917020024 BAB I.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (BAB III)
Haniva Gustina NIM 1917020024 BAB III.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Haniva Gustina NIM 1917020024 BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text
Haniva Gustina NIM 1917020024 Full- Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Organisasi Mahasiswa merupakan suatu tempat bagi mahasiswa untuk memperluas minat, bakat, keahlian, dan kemampuan sosial, Organisasi Mahasiswa di Fakultas Sains dan Teknologi. Ormawa menggunakan sistem google form dalam pendaftaran calon pengurus dan pengurus masih mengelola data calon pengurus secara manual, dengan cara data memasukkan ke dalam excel satu persatu. Sebagian besar calon pengurus melakukan seluruh proses pendaftaran pengurus dan pengumuman hasil seleksi Ormawa dengan cara mendatangi kampus secara langsung. Pengelolaan informasi terkait kegiatan organisasi mahasiswa, seperti pengajuan proposal program kerja, juga harus dilakukan secara manual melalui pihak bagian kemahasiswaan fakultas. Penyebaran informasi mengenai kegiatan yang masih terbatas dan belum terkomputerisasi mengakibatkan data tertumpuk dan kurangnya pengawasan dari pihak bagian kemahasiswaan terhadap pelaksanaan program kerja. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk merancang Sistem informasi Organisasi Mahasiswa berbasis web yang dapat mempermudah pihak bagian kemahasiswaan dan calon pengurus dalam mengajukan proposal program kerja, memudahkan dalam hal pendaftaran calon pengurus Ormawa, memberikan informasi seputar Organisasi Mahasiswa berupa berita, pengumuman, agenda kegiatan pengelolaan pendaftaran calon pengurus, dan pengelolaan data kegiatan dan arsip dokumen organisasi mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Metode Pengumpulan data yang digunakan yaitu meliputi tinjauan pustaka observasi, dan wawancara. Pengembangan sistem informasi ini di bangun dengan Bahasa pemrograman PHP, Apache sebagai web server, dan MySQL sebagai database dan menggunakan framework Laravel. Metode pengembangan sistem yang di gunakan adalah Waterfall dan alat bantu perancangan sistem yang di gunakan adalah Unified Modeling Language (UML) use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram dan Pengujian Black Box Testing. Penelitian ini menghasilkan sebuah rancang bangun sistem organisasi mahasiswa berbasis website yang memiliki beberapa fitur yaitu pengajuan proposal program kerja, pengelolaan informasi seputar organisasi mahasiswa berupa berita, pengumuman dan agenda kegiatan, pengelolaan pendaftaran calon pengurus, dan pengelolaan data kegiatan dan arsip dokumen organisasi mahasiswa. Hasil pengujian sistem ini menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik. Penggunaan metode blackbox dalam pengujian sistem ini menghasilkan fitur-fitur yang telah sesuai dengan fungsinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Organisasi Mahasiswa, Sistem Informasi, Waterfall, UML, Black Box Testing, R&D.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Ruang Baca FST
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:26
Last Modified: 27 Mar 2024 04:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19203

Actions (login required)

View Item View Item