Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Praktik Utang Piutang Peron Sawit Dengan Delivery Order (Studi Kasus di Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman)

Hidayat, Rian (2024) Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Praktik Utang Piutang Peron Sawit Dengan Delivery Order (Studi Kasus di Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
Cover sampai daftar isi Rian Hidayat 1913040062....PDF - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Bab 1 Rian Hidayat 1913040062.pdf - Published Version

Download (604kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3 Rian Hidayat 1913040062,.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
Bab 5 Rian Hidayat 1913040062..pdf - Published Version

Download (801kB)
[img] Text (Fulltext)
Skripsi Full Rian Hidayat 1913040062.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah pada praktik utang piutang peron sawit dengan delivery order di Kecamatan Tigo Nagari Kabupeten Pasaman, yaitu Kurangnya keterbukaan pihak delivery order terhadap peron sawit mengenai potongan harga kelapa sawit yang dijual melalui delivery order, di mana awal perjanjian pihak delivery order tidak menyebutkan bahwasanya ada potongan harga sawit, pihak delivery order hanya mengharuskan peron sawit menjual buah kelapa sawit mereka melalui delivery order selaku pemberi pinjaman. Adapun pertanyaan penelitian. 1. Bagaimana praktik utang piutang peron sawit dengan delivery order di Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman? 2. Bagaimana praktik utang piutang peron sawit dengan delivery order di Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman ditinjau dari fikih muamalah. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis melakukan penelitian lapangan (field research) ke kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman untuk mewawancai para informan penelitian yaitu pihak peron sawit dan delivery order. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul diolah dan ditulis dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa: 1. Peron sawit meminjam uang kepada delivery order untuk modal usaha membeli buah kelapa sawit yang datang ke lokasinya, kemudian delivery order meminjamkan uang kepada peron sawit dengan syarat peron sawit harus menjual buah kelapa sawit mereka melalui delivery order sebelum ke pabrik pengolahan, setelah melakukan jual beli melalui delivery order terdapat potongan harga yang dilakukan oleh pihak delivery order yang membuat peron sawit dirugikan. 2. Pengambilan manfaat dari meminjamkan utang adalah termasuk ke dalam riba yang diharamkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Utang Piutang, Peron Sawit, Pemotongan
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:32
Last Modified: 27 Mar 2024 04:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19201

Actions (login required)

View Item View Item