Sistem Pembiayaan Murabahah di Koperasi Serba Usaha Berkat Pilubang Kabupaten Lima Puluh Kota Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Ronal, Ronal (2024) Sistem Pembiayaan Murabahah di Koperasi Serba Usaha Berkat Pilubang Kabupaten Lima Puluh Kota Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover-daftar isi)
Ronal 1913040051 cover-daftar isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
Ronal 1913040051 BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (BAB III)
Ronal 1913040051 BAB III.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
Ronal 1913040051 BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Fulltext)
Skripsi Full Ronal 1913040051.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh sistem pembiayaan murabahah yang dilakukan Koperasi Serba Usaha Berkat Pilubang Kabupaten Lima Puluh Kota adalah dalam bentuk emas. Sedangkan untuk pengembalian pembiayaan adalah dengan dengan uang yang dicicil setiap bulan. Adapun permasalahan penelitian adalah Pertama, Bagaimana sistem pembiayaan melalui jual beli emas di Koperasi Serba Usaha Berkat Nagari Pilubang Kabupaten Lima Puluh Kota. Kedua, Bagaimana pandangan Hukum Ekonomi Syariah tentang pembiayaan dengan sistem jual beli emas di Koperasi Serba Usaha Berkat Nagari Pilubang Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembiayaan dengan sistem jual beli emas di Koperasi Serba Usaha Berkat Pilubang Kabupaten Lima Puluh Kota dan untuk mengetahui pandangan Hukum Ekonomi Syariah tentang pembiayaan dengan sistem jual beli emas. Metodologi penelitian adalah penelitian lapangan (field Research). Penelitian ini bertitik tolak dari data primer (dasar), yakni data yang bisa diperoleh langsung dari lembaga koperasi sebagai sumber pertama dengan melalui penelitian lapangan, yang dilakukan baik melalui pengamatan (observasi), wawancara, ataupun penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini yaitu: Pertama, Sistem pembiayaan yang dilakukan oleh Koperasi Serba Usaha Berkat Pilubang adalah dengan memberikan pembiayaan emas kepada anggota atau nasabahnya. Pihak koperasi juga tidak menanggung resiko yang terjadi apabila terjadi penurunan harga pada emas tersebut, karena pengembalian pembiayaan tetap dengan harga jual pada saat proses memberikan pembiayaan. Kedua, Pembiayaan dengan sistem jual beli emas yang dilakukan oleh pihak Koperasi Serba Usaha Berkat di Nagari Pilubang Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota sudah sesuai aturan dalam Hukum Ekonomi Syariah. Hal tersebut terlihat ketika adanya objek akad yang diterima berbentuk emas, dan pengembalian pembiayaan adalah dengan uang yang dicicil setiap bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: murabahah, koperasi, hukum ekonomi syariah
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:40
Last Modified: 27 Mar 2024 03:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19199

Actions (login required)

View Item View Item