Putri, Niken Cahyani (2024) Penerapan Model Inkuiri Pada Pembelajaran IPAS Terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas IV di SDN 01 V Koto Mukomuko Bengkulu. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover)
cover niken.pdf - Published Version Download (510kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I_PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (889kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III_METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (507kB) |
|
Text (Bab V-Dapus)
BAB V - Daftar pustaka.pdf - Published Version Download (192kB) |
|
Text (Full Teks)
Full teks Niken Cahyani Putri 1914070049.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas peserta didik di kelas IV SDN 01 V Koto Mukomuko Bengkulu, salah satu penyebab rendahnya kreativitas peserta didik adalah kurang sesuainya penggunaan model pembelajaran yang di gunakan oleh guru untuk melatih kreativitas peserta didik. Alternatif solusi pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPAS terhadap kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kreativitas peserta didik dalam pembelajaan IPAS kelas IV SDN 01 V koto Mukomuko Bengkulu, antara menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan model eksposiori. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasy eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik pada kelas IV A dan IV B di SDN 01 V Koto Mukomuko Bungkulu. Teknik sampel yang di gunakan adalah teknik total sampling Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IV B dan kelas kontrol IV A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes esai. Instrumen yang di gunakan peneliti yaitu dengan tes kreativitas. Teknik analisis data yang didahului dengan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tes akhir (posttest) kreativitas peserta didik kelas eksperimen yaitu 91,18 dan rata-rata nilai tes akhir kelas kontrol yaitu 79,29. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 26 diperoleh signifikan α dalam satu sisi (2-tailed) sebesar = 0,006 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α <0,05 dan (0,006<0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan kreativitas peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan yang menggunakan model ekspositori, kreativitas peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran ekspositori
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, Inkuiri, Kreativitas |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 12:34 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 12:34 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19179 |
Actions (login required)
View Item |