Pengaruh Pekerjaan Sampingan UMKM dan Dampaknya Terhadap Produktivitas Pekerjaan Utama di Nagari Lunto

Jannah, Annisa (2024) Pengaruh Pekerjaan Sampingan UMKM dan Dampaknya Terhadap Produktivitas Pekerjaan Utama di Nagari Lunto. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Annisa Jannah. NIM 2016010073. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1)
Annisa Jannah. NIM 2016010073. BAB I.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (BAB 3)
Annisa Jannah. NIM 2016010073. BAB 3.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (BAB 5 dan Daftar Pustaka)
Annisa Jannah. NIM 2016010073. BAB 5 dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peran pekerjaan sampingan terutama di bidang UMKM yang belum melihat secara jelas keefektifan dan pengaruhnya terhadap produktivitas pekerjaan utama. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengetahui besarnya pengaruh pekerjaan sampingan dan dampaknya terhadap produktivitas pekerjaan utama. Kemudian penelitian ini melihat produktivitas pekerjaan utama yang dipengaruhi oleh adanya perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan data primer dengan pendekatan kuantitatif yang diolah menggunakan Software E-Views 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerjaan sampingan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas pekerjaan utama dengan nilai Prob. 0.0000 < 0.05. Ini mengindikasikan pekerjaan sampingan dari segi aktivitas dan penghasilannya akan meningkatkan pendapatan per minggu (produktivitas). Jenis kelamin laki-laki memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas pekerjaan utama dengan nilai Prob. 0.000 < 0.05. Laki-laki akan lebih produktif dibanding perempuan, baik dari segi pendapatannya juga lebih besar dan pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas pekerjaan utama. Secara simultan, pekerjaan sampingan dan perbedaan jenis kelamin memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas pekerjaan utama dengan nilai Prob (F-statistic) 0.00000 < 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa secara bersamaan, pekerjaan sampingan tidak mengganggu produktivitas pekerjaan utamanya. Dimana terlihat laki-laki tetap mendominasi dibanding perempuan dari segi pendapatan per minggunya (produktivitas). Penelitian ini juga mengungkapkan dari hasil setelah adanya variabel kontrol. Dimana hanya umur yang memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas pekerjaan utama, sedangkan lama sekolah dan status pernikahan tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian variabel kontrol tidak dapat mengendalikan hubungan antara pekerjaan sampingan terhadap produktivitas pekerjaan utama. Saran bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah jumlah variabel, memperluas cakupan dan objek penelitian, menambah sampel, dengan olahan data yang berbeda dalam melihat pengaruh masing-masing variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produktivitas Pekerjaan Utama, Pekerjaan Sampingan, UMKM, Jenis Kelamin, Umur, Lama Sekolah, Status Pernikahan
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 26 Mar 2024 14:55
Last Modified: 26 Mar 2024 14:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19169

Actions (login required)

View Item View Item