Pengaruh Minat Pembelajaran Berbasis Edpuzzle terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 4 Padang Panjang

Febrina, Tiara (2024) Pengaruh Minat Pembelajaran Berbasis Edpuzzle terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 4 Padang Panjang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
cover - daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (696kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (778kB)
[img] Text (Bab 5-Dapus)
BAB 5 - daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text (Fulltext)
FULL BAB_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui minat belajar pada kelas kontrol dengan menggunakan media powerpoint pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 4 Padang Panjang, untuk mengetahui minat belajar pada kelas eksperimen dengan menggunakan media Edpuzzle pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 4 Padang Panjang, untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis Edpuzzle terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 4 Padang Panjang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen (Quasi Experimental). Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Padang Panjang tahun 2023/2024 semester ganjil. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII.1 dan kelas kontrol VII.4 Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis dengan SPSS versi 25 menyatakan rata-rata sampel X 16,250 dengan standar error Sx= 1.073. nilai T hitung = 15,145 nilai p (t) = 0,009 dan CI Difference Lower sebesar 14.10 dan Upper = 18.40, maka dapat diambil kesimpulan bahwa (15,145) > (1,671), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Edpuzzle terhadap minat belajar peserta didik Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 4 Padang Panjang. Dapat dilihat bahwa minat belajar peserta didik yang menggunakan media Edpuzzle lebih baik daripada minat belajar peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran Edpuzzle atau media lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Edpuzzle, PAI
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 26 Mar 2024 12:52
Last Modified: 26 Mar 2024 12:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19168

Actions (login required)

View Item View Item