Febrina, Tiara (2024) Pengaruh Minat Pembelajaran Berbasis Edpuzzle terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 4 Padang Panjang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
cover - daftar isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (696kB) |
|
Text (Bab 3)
BAB 3.pdf - Published Version Download (778kB) |
|
Text (Bab 5-Dapus)
BAB 5 - daftar pustaka.pdf - Published Version Download (509kB) |
|
Text (Fulltext)
FULL BAB_merged.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui minat belajar pada kelas kontrol dengan menggunakan media powerpoint pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 4 Padang Panjang, untuk mengetahui minat belajar pada kelas eksperimen dengan menggunakan media Edpuzzle pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 4 Padang Panjang, untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis Edpuzzle terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 4 Padang Panjang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen (Quasi Experimental). Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Padang Panjang tahun 2023/2024 semester ganjil. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII.1 dan kelas kontrol VII.4 Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis dengan SPSS versi 25 menyatakan rata-rata sampel X 16,250 dengan standar error Sx= 1.073. nilai T hitung = 15,145 nilai p (t) = 0,009 dan CI Difference Lower sebesar 14.10 dan Upper = 18.40, maka dapat diambil kesimpulan bahwa (15,145) > (1,671), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Edpuzzle terhadap minat belajar peserta didik Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 4 Padang Panjang. Dapat dilihat bahwa minat belajar peserta didik yang menggunakan media Edpuzzle lebih baik daripada minat belajar peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran Edpuzzle atau media lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Edpuzzle, PAI |
Subjects: | U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 12:52 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 12:52 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19168 |
Actions (login required)
View Item |