Pendistribusian Zakat Fitrah Oleh Ninik Mamak Perspektif Fikih Zakat (Studi Kasus di Kampung Ganting Nagari Kambang Timur Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan).

Saputra, Geni (2024) Pendistribusian Zakat Fitrah Oleh Ninik Mamak Perspektif Fikih Zakat (Studi Kasus di Kampung Ganting Nagari Kambang Timur Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover- daftar isi)
cover sampai daftar isi.pdf - Published Version

Download (486kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab i.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab iii.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (Bab 5 -daftar pustaka)
Bab v - Daftar.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Ful tex)
full tex.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh praktik pendistribusian zakat fitrah yang dilakukan oleh ninik mamak. Adapun pertanyaan penelitian ada dua yakni: pertama, bagaimana praktik pendistribusian zakat fitrah oleh ninak mamak di Kampung Ganting Nagari Kambang Timur Kabupaten Pesisir Selatan? Kedua, bagaimana tinjauan fikih zakat terhadap praktik pendistribusian zakat fitrah oleh ninik mamak di Kampung Ganting Nagari Kambang Timur Kabupaten Pesisir Selatan? Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data informan diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: pertama, praktik pendistribusian zakat fitrah di Kampung Ganting dilakukan oleh ninik mamak, di mana ninik mamak yang menetapkan orang-orang yang berhak untuk mendapatkan zakat fitrah. Ninik mamak mendistribusikan zakat fitrah kepada asnaf yang ada di Kampung Ganting, yaitu fakir dan miskin, amil, fii sabilillah dan ibnu sabil. Kedua, menurut tinjauan fikih zakat terhadap praktik pendistribusian zakat fitrah oleh ninik mamak di Kampung Ganting, bahwa sudah ada yang sesuai dengan fikih zakat dan ada juga yang tidak sesuai dengan fikih zakat. Adapun yang sesuai dengan fikih zakat yaitu membagikan zakat fitrah kepada 5 asnaf yang ada di Kampung Ganting yaitu fakir dan miskin, amil, fii sabilillah dan ibnu sabil dan membayar zakat fitrah dengan makanan pokok atau uang. Adapun yang tidak sesuai dengan fikih zakat yaitu pendistribusian pada golongan fii sabilillah yang tidak merata, seperti mahasiswa di bidang agama mendapatkan bagian lebih besar dibandingkan dengan mahasiswa di bidang umum. Kemudian ninik mamak yang tidak ikut dalam mendistribusikan zakat fitrah tetap mendapatkan bagian zakat fitrah. Selanjutnya Seorang Guru PNS dan TNI tidaklah berhak untuk menerima zakat fitrah. Kata kunci: Zakat Fitrah, Ninik Mamak, Fikih Zakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zakat fitrah, Ninik mamak, fikih zakat.
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Zakat Fitrah
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:44
Last Modified: 27 Mar 2024 02:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19158

Actions (login required)

View Item View Item