Penerapan Strategi Team Quiz Berbantuan Media Congklak untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik MIN 2 Padang Pariaman

Fitria, Jihan Nazla (2024) Penerapan Strategi Team Quiz Berbantuan Media Congklak untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik MIN 2 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Full text)
FULL TEXT SKRIPSI JIHAN NAZLA FITRIA 0065.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Cover)
COVER-DAFTAR ISI JIHAN NAZLA FITRIA 0065.pdf - Published Version

Download (876kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I JIHAN NAZLA FITRIA 0065.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III JIHAN NAZLA FITRIA 0065.pdf - Published Version

Download (796kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA JIHAN NAZLA FITRIA 0065.pdf - Published Version

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika pada kelas II MIN 2 Padang Pariaman, di antaranya yaitu pendidik masih menggunakan pembelajaran konvensional dan pendidik jarang menggunakan media pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi pembagian. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan itu adalah dengan menerapkan strategi team quiz berbantuan media congklak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan literasi numerasi peserta didik dengan menerapkan strategi team quiz berbantuan media congklak dengan tidak menerapkan strategi team quiz berbantuan media congklak di kelas II MIN 2 Padang Pariaman. Peneliti menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II MIN 2 Padang Pariaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Kelas II-B sebagai kelas eksperimen dan kelas II-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan treatment uji-t dan uji N- Gain menggunakan SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 43, sedangkan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen adalah 87,63 dan rata-rata nilai pre-test kelas kontrol adalah 47,13, sedangkan rata-rata nilai post- test kelas kontrol adalah 76,56. Berdasarkan hasil output menggunakan t-Test: Paired Two Sample for Means diperoleh nilai 1,96 > 1,69 dan berdasarkan hasil output uji N-Gain memperoleh nilai 1,29 > 1. Maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam t-Test: Paired Two Sample for Means dan uji N- Gain, Ha diterima dan Ho ditolak, artinya “Terdapat peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas II MIN 2 Padang Pariaman dengan menggunakan strategi team quiz berbantuan media congklak dan pembelajaran menggunakan strategi team quiz berbantuan media congklak dinyatakan lebih efektif untuk meningkatkan literasi numerasi peserta didik daripada pembelajaran konvensional”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Team Quiz, Congklak, Literasi Numerasi
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:13
Last Modified: 25 Mar 2024 07:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19094

Actions (login required)

View Item View Item