Upaya Penegakan Hukum Oleh Kepolisian Resor Pasaman Barat Terhadap Kasus Penyalahgunaan Minyak Solar Perspektif Wilayatul Hisbah

Saputra, Handika Hari (2024) Upaya Penegakan Hukum Oleh Kepolisian Resor Pasaman Barat Terhadap Kasus Penyalahgunaan Minyak Solar Perspektif Wilayatul Hisbah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (705kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (716kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan ini dilatar belakangi oleh masih terjadinya penyalahgunaan BBM subsidi berupa solar yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang terjadi di Pasaman Barat. Pelaku menggunakan jerigen dan memodifikasi tanki mobilnya serta tanpa memiliki surat izin untuk dijual mahal demi mendapatkan keuntungan yang besar sehingga subsidi tidak tepat pada sasarannya. Pelaku yang pernah melakukan penyalahgunaan BBM berupa Solar berasal dari Ujung Gading dan Ranah Batahan, kemudian pada februari 2023 polisi memantau di beberapa tempat yang diduga melakukan penyalahgunaan BBM berupa solar yaitu di SPBU Batang Toman, di SPBU Sariak, dan SPBU Batang Lingkin. Pelaku memanfaatkan momen ini pada saat malam hari atau pada saat jam sepi di salah satu SPBU di Pasaman Barat untuk menghindari dari kecurigaan oleh pihak kepolisian. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Upaya Penegakan Hukum Oleh Kepolisian Resor Pasaman Barat Terhadap Kasus Penyalahgunaan Minyak Solar Perspektif Wilayatul Hisbah. Adapun pertanyaan penelitiannya yaitu pertama, bagaimana upaya penegakkan hukum oleh Kepolisian Resor Pasaman Barat terhadap kasus penyalahgunaan solar. Kedua, bagaimana upaya penegakkan hukum oleh Kepolisian Resor Pasaman Barat terhadap kasus penyalahgunaan solar perspektif wilayatul hisbah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Hasil penelitian menemukan pertama, upaya yang dilakukan oleh kepolisian adalah melakukan pengawasan, patroli dan yang umumnya yaitu melakukan upaya pre-emptif atau melakukan penyuluhan kepada masyarakat, upaya preventif atau melakukan pengawasan dan upaya represif atau penegakan hukum. Kedua, Upaya Penegakan Hukum oleh Kepolisian Resor Pasaman Barat terkait Penyalahgunaan Solar jika di lihat dari perspektif wilayatul hisbah sudah melakukan tugas dan fungsinya dengan baik, dikarenakan bersifat Amar ma’ruf nahi munkar merupakan mengajak atau menyeru kepada semua orang agar orang-orang berbuat kebaikan dan mencegah perbuatan yang mengarah kepada keburukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepolisian, Penyalahgunaan, Penimbun, Wilayatul Hisbah.
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Pidana Islam
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 26 Mar 2024 12:26
Last Modified: 03 Apr 2024 16:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19093

Actions (login required)

View Item View Item