Pengaruh Desentralisasi Fiskal Terhadap Kesenjangan Ekonomi dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebagai Variabel Moderasi di Provinsi Sumatera Barat

Oktavia, Meza (2024) Pengaruh Desentralisasi Fiskal Terhadap Kesenjangan Ekonomi dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebagai Variabel Moderasi di Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB III Metode Penelitian)
BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Untuk melihat pengaruh secara bersama-sama dengan faktor kesenjangan ekonomi, maka digunakan variabel kontrol yang secara empiris digunakan dan terbukti memiliki pengaruh terhadap kesenjangan ekonomi yaitu garis kemiskinan dan jumlah penduduk. Tujuan penelitianAnalisis dilakukan dengan model regresi data panel dengan menggunakan metode Least Squares Dummy Variabel (LSDV) atau yang dikenal sebagai Fixed Effect Model. Data yang digunakan adalah data sekunder dari 19 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat pada periode 2010-2022. Dengan menggunakan signifikan α sebesar 0.1 yang mana hasil analisis menunjukkan bahwa desentralisasi fiskal memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kesenjangan ekonomi di Provinsi Sumatera Barat. Selanjutnya dengan menggunakan signifikan α sebesar 0,1 bahwa desentralisasi fiskal terhadap kesenjangan ekonomi dengan PDRB sebagai variabel moderasi berpengaruh negatif dan signifikan. Hal ini menandakan dengan semakin tingginya desentralisasi fiskal yang dimoderasi PDRB pada kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat maka tingkat kesenjangan akan semakin turun. Di samping itu, variabel kontrol garis kemiskinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesenjangan ekonomi di Provinsi Sumatera Barat. Dan begitu juga variabel kontrol jumlah penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesenjangan ekonomi di Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kesenjangan Ekonomi, Desentralisasi Fiskal, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Garis Kemiskinan, Jumlah Penduduk.
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:22
Last Modified: 25 Mar 2024 10:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19089

Actions (login required)

View Item View Item