Pengaruh Strategi Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 3 Padang Pariaman

Khaira, Raudhatul (2024) Pengaruh Strategi Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 3 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR LAMPIRAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (638kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (786kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI DONE (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya hasil Belajar sejarah kebudayaan Islam peserta didik kelas VII di MTsN 3 Padang Pariaman tahun ajaran 2023/2024 merupakan hal yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini. Proses pembelajaran belum optimal karena penggunaan strategi yang belum tepat. Selanjutnya peserta didik masih banyak yang belum memahami akan materi yang disampaikan oleh pendidik.selain itu aktivitas peserta didik dalam mencatat dan menghafal serta peserta didik masih kurang berpartisipasi aktif dan masih terdapat peserta didik yang belum berani untuk megemukakan pendapat. Dan adanya hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah dibuktikan dengan masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM yang ditetapkan madrasah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah menggunakan strategi inquiry learning pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui hasil pre-test sebelum menggunakan strategi inquiry learning pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 3 Padang Pariaman. (2) Untuk mengetahui hasil post-test belajar peserta didik kelas VII setelah menggunakan strategi inquiry learning pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 3 Padang Pariaman. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh strategi inquiry learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 3 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One-Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTsN 3 Padang Pariaman tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel yaitu sampel acak sederhana (simple random sampling), kelas yang dipilih sebagai sampel adalah kelas VII.2. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test hasil belajar sejarah kebudayaan Islam adalah 47,58 dan rata-rata nilai post-test hasil belajar sejarah kebudayaan Islam adalah 77,44. Berdasarkan uji hipotesis dngan SPSS versi 26 diperoleh signifikan a dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatan Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan ketika menggunakan strategi inquiry learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 3 Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Inquiry Learning, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Agama Islam > Sejarah Islam > Khulafaurrasyidin
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:17
Last Modified: 25 Mar 2024 07:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19079

Actions (login required)

View Item View Item