Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Solok Selatan Nomor 1 Tahun 2020 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum terhadap Peracun Ikan Tinjauan Siyasah Dusturiyah (Studi Kasus Nagari Pakan Rabaa Timur)

Kurniawan, Pal (2024) Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Solok Selatan Nomor 1 Tahun 2020 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum terhadap Peracun Ikan Tinjauan Siyasah Dusturiyah (Studi Kasus Nagari Pakan Rabaa Timur). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB I)
Pal Kurniawan_1913030155_HTN_BAB I.pdf - Published Version

Download (782kB)
[img] Text (BAB III)
Pal Kurniawan_1913030155_HTN_BAB III.pdf - Published Version

Download (598kB)
[img] Text (BAB V)
Pal Kurniawan_1913030155_HTN_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (510kB)
[img] Text (Cover dll)
COVER - DAFTAR ISI-3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
PAL KURNIAWAN 1913030155 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya pelaksanaan dari Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2020 ini, apakah Perda tersebut sudah berjalan dengan semestinya ditengah-tengah masyarakat, Hal ini menjadi kuat karena masih banyak perilaku yang bertentangan dengan ketertiban umum yang masih terjadi di Kabupaten Solok Selatan, sedangkan sudah ada perda dan sosialisasi terkait masalah ketentraman dan ketertiban umum serta adanya perbedaan antara norma dan aplikasi yang ada dilapangan. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian penulisan ini adalah pertama, Bagaimana implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Solok Selatan nomor 1 tahun 2020 tentang ketentraman dan ketertiban umum terhadap peracun ikan tinajauan siyasah dustiriyah?? Kedua, Apa saja kendala dan upaya yang dihadapi dalam pelaksanaan PERDA Kabupaten Solok Selatan Nomor 1 tahun 2020 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum Nagari Pakan Rabaa Timur?. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut dilakukan penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dari informan penelitian, dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Penelitian ini juga didukung dari penelitian kepustakaan sebagai landasan teori tentang Peraturan Daerah Kabupaten Solok Selatan Nomor 1Tahun 2020 dan siyasah dustiriyah. Jika ditinjau dari pandangan Siyasah Dusturiyah peraturan tersebut mengatur untuk mewujudkan kemaslahatan masyarakat. Perda Nomor 1 tahun 2020 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum, Lembaga Eksekutif dan Legislatif dalam melaksanakan perumusan dan pembentukan Perda tersebut memang sudah sesuai kaidah pembentukan peraturan perundang-undangan di Indonesia. Kendala dan upaya yang dihadapi dari pelaksananaan Perda tersebut karena rendahnya kesadaran dan pemahaman hukum masyarakat, Keterbatasan sumber daya manusia dalam pengekan hukum serta belum adanya sanksi yang diberikan nagari untuk memebrikan efek jera terhadap pelanggaran terhadap Perda tersebut. Kata Kunci : Implementasi, Peracun Ikan, Siyasah Dusturiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Hukum
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:06
Last Modified: 28 Mar 2024 02:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19078

Actions (login required)

View Item View Item