Dukungan Sosial Keluarga Dalam Menghadapi Sindrom Sarang Kosong Pada Lanjut Usia Di Kenagarian Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan

Febriani, Widia (2024) Dukungan Sosial Keluarga Dalam Menghadapi Sindrom Sarang Kosong Pada Lanjut Usia Di Kenagarian Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I Watermak.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III Watermak.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (Bab V-Dapus)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (Fulltext)
FULL TEXT - Watermak-Widia Febriani-1912020111.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sindrom sarang kosong merupakan suatu keadaan pada orang tua khusus lansia yang mengalami dan merasakan perasaan kehilangan, kesepian dan kehampaan dalam hidupnya karena ditinggal oleh anak-anaknya dan pasangannya, maka akan rentan mengalami sindrom sarang kosong. Penulisan skripsian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan sosial keluarga yang dilihat dari aspek dukungan informasi, dukungan emosional, dukungan penghargaan atau penilaian, dan dukungan instrumental terhadap lanjut usia dalam menghadapi sindrom sarang kosong di Kenagarian Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian penulis terkait dengan lansia yang sudah tidak tinggal lagi dengan anaknya karena sudah menikah, bekerja, pendidikan, atau pergi merantau, serta yang ditinggal oleh pasangannya, sehingga mengakibatkan perasaan kosong (kesepian) dalam kesehariannya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mengunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian yang menjadi informan penelitian adalah lanjut usia yang mengalami sindrom sarang kosong yang berjumlah sebanyak 8 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) dukungan informasi yang diberikan dapat berupa dalam bentuk arahan, nasehat, dan sugesti yang bertujuan untuk membantu seseorang di dalam memperoleh berbagai macam informasi terutama dari orang-orang terdekatnya. 2) dukungan emosional yang diberikan dapat berupa dalam bentuk rasa kasih sayang, rasa peduli, dan rasa empati yang bertujuan untuk membantu seseorang di dalam mengendalikan emosi yang dimilikinya. 3) dukungan penghargaan atau penilaian yang diberikan dapat berupa dalam bentuk ungkapan rasa hormat dan penilaian positif yang bertujuan untuk membantu seseorang di dalam memperoleh rasa dihargai dan dihormati dari orang-orang terdekatnya. 4) dukungan instrumental yang diberikan dapat berupa dalam bentuk pertolongan secara langsung atau nyata yang bertujuan untuk membantu seseorang di dalam memperoleh bantuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial keluarga, sindrom sarang kosong, lanjut usia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:33
Last Modified: 27 Mar 2024 04:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19064

Actions (login required)

View Item View Item