Pengembangan Media Kotak Ajaib Tematik Pada Pembelajaran Ipa Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Min 5 Pesisir Selatan

Veronicha, Yazzira (2024) Pengembangan Media Kotak Ajaib Tematik Pada Pembelajaran Ipa Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Min 5 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover sampai Dafter Lampiran - Yazzira Veronicha - 1914070073)
Cover sampai Dafter Lampiran - Yazzira Veronicha - 1914070073.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I -Yazzira Veronicha - 1914070073)
BAB I -Yazzira Veronicha - 1914070073.pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text (BAB III - Yazzira Veronicha - 1914070073)
BAB III - Yazzira Veronicha - 1914070073.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (BAB V sampai Daftar Pustaka -Yazzira Veronicha - 1914070073)
BAB V sampai Daftar Pustaka -Yazzira Veronicha - 1914070073.pdf - Published Version

Download (569kB)
[img] Text (Yazzira Veronicha - 1914070073 - FullText.pdf)
Yazzira Veronicha - 1914070073 - FullText.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pada proses pembelajaran di sekolah masih sangat minim dan kurang variatif dan kreatif, sehingga peserta didik kurang bersemangat dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Agar peserta didik tidak hanya memiliki penguasaan konsep atau fakta-fakta semata dalam penerapan literasi sains, tapi juga ditunjukkan dengan sikapnya, maka alternatif solusi pada penelitian ini adalah dengan mengembangkan media kotak ajaib pada pembelajaran IPA terhadap literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji media kotak ajaib dari segi validitas, praktikalitas, dan efektivitas. serta mengetahui pendapat para ahli, pendidik dan peserta didik terhadap media kotak ajaib tematik pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Dessimate. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ialah instrumen angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektivitas. Uji validasi media dilakukan oleh 3 orang validator, ahli materi, media, dan bahasa, uji praktikalitas media dilakukan oleh 1 orang pendidik dan 17 orang peserta didik, dan uji efektivitas dilakukan oleh 17 orang peserta didik dikelas V MIN 5 Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran,aktif dan semangat dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media kotak ajaib. Peserta didik juga bersemangat untuk menjawab pertanyaan dengan menggunakan media kotak ajaib di depan kelas. Pada uji validitas, media dinyatakan valid dari segi materi, media dan bahasa dengan rata-rata perolehan nilai rata-rata 88,6% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media oleh pendidik dan peserta didik diperoleh nilai rata-rata 91,9%, dengan kategori sangat praktis, keefektifan media diperoleh nilai rata-rata 92,6% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media kotak ajaib tematik pada pembelajaran IPA dikategorikan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran IPA terhadap literasi sains.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Kotak Ajaib Tematik, Pembelajaran IPA, Literasi Sains
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:06
Last Modified: 25 Mar 2024 07:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19008

Actions (login required)

View Item View Item