Pandangan Imam Syafi'i tentang Pemenuhan Nafkah oleh Suami Terpidana (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Solok)

Fadli, A'zizil (2024) Pandangan Imam Syafi'i tentang Pemenuhan Nafkah oleh Suami Terpidana (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Solok). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
COVER-DAFTAR ISI A'ZIZIL FADLI.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1. REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (696kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3. REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (666kB)
[img] Text (BAB 5 - Daftar Pustaka)
BAB 5-DAPUS A'ZIZIL FADLI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI A'ZIZIL FADLI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh pemenuhan kewajiban nafkah oleh suami yang sedang menjalani masa hukuman atau berstatus sebagai narapidana. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah; Pertama, bagaimana pemenuhan nafkah oleh suami terpidana di Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Solok? Kedua, bagaimana pandangan Imam Syafi’i terhadap pemenuhan nafka oleh suami yang terpidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Solok? Untuk menjawab permasalahan dilakukan penelitian mixed (penelitian campuran). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut; Pertama, terdapat 2 (dua) pengelompokan kewajiban pemenuhan nafkah suami terpidana di Lembaga Kelas II B Solok yaitu dari 9 (sembilan) narasumber hanya 3 (tiga) orang yang terlaksana dengan alasan adanya usaha yang ditinggalkan oleh suami terpidana dengan keadaan yang masih bergerak dan menghasilkan, serta 6 (enam) orang tidak terlaksana dengan alasan tidak ada upaya ataupun usaha yang dilakukan suami untuk memenuhi nafkah selama menjalani masa hukuman. Kedua, pandangan Imam Syafi’i mengenai pemenuhan nafkah isteri oleh suami terpidana kewajiban yang wajib dibayarkan dan ditunaikan oleh suami, dan apabila suami tidak mampu memenuhinya maka dianggap berhutang terhadap isterinya yang suatu waktu wajib dilunasi. Namun apabila isteri mengikhlaskan nafkahnya, suami terbebas dari kewajiban membayar nafkah selama masa tahanan dan wajib kembali memberikan nafkah setelah keluar dari tahanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kewajiban Nafkah, Suami, Narapidana, Imam Syafi’i.
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:22
Last Modified: 28 Mar 2024 03:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19007

Actions (login required)

View Item View Item