Pengaruh Spiritualitas di Tempat Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behaviour Islamic Perspective (OCBIP) Pekerja Muslim Milenial:Islamic Work Ethic Sebagai Moderasi

Lestari, Ayu (2024) Pengaruh Spiritualitas di Tempat Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behaviour Islamic Perspective (OCBIP) Pekerja Muslim Milenial:Islamic Work Ethic Sebagai Moderasi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (633kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (Bab 5-Dapus)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Fulltext)
Full Text (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sumber daya manusia tidak hanya menjalankan peran kunci dalam menggerakkan inisiatif inovasi, tetapi juga membentuk budaya perusahaan, nilai-nilai, dan etika kerja yang menjadi landasan dari Organizational Citizenship Behavior Islamic Perspective (OCBIP). Pekerja yang memiliki pemahaman mendalam tentang spiritualitas di tempat kerja dan etika kerja Islam cenderung lebih termotivasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang berfokus pada nilai-nilai bersama, yang merupakan karakteristik utama OCBIP. Penelitian ini Bertujuan Untuk mengetahui pengaruh dari Spritualitas Di Tempat Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Islamic Perspective (OCBIP) yang dimoderasi oleh Islamic Work Ethic. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Smart-PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan Spiritualitas ditempat kerja (X) memiliki pengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior Islamic Perspective (OCBIP) (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,050 dan t-Stat 2,701 > 1,96. Spiritualitas ditempat kerja (X) miliki pengaruh terhadap Islamic Work Ethic (Z) sebesar signifikansi 0,000 < 0,050 dan t-Stat 7,828 > 1,96. Islamic Work Ethic (Z) tidak memoderasi Spiritualitas di tempat kerja (X) terhadap Organizational Citizenship Behavior Islamic Perspective (OCBIP) (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,904 > 0,050 dan t-Stat sebesar 0,120 < 1,96. Penemuan ini menggambarkan pentingnya spiritualitas di tempat kerja dan etika kerja Islam dalam membentuk OCBIP. Implikasi manajerial dan teoritis dari penelitian ini memberikan wawasan lebih lanjut mengenai hubungan antara variabel-variabel tersebut, dengan harapan dapat memperkaya literatur manajemen dan organisasi serta memberikan panduan bagi praktisi dalam mengelola sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: OCBIP, Spiritualitas ditempat kerja, Islamic Work Ethic
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 25 Mar 2024 09:46
Last Modified: 25 Mar 2024 09:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18949

Actions (login required)

View Item View Item