Hubungan antara Konsep Diri dengan Interaksi Sosial Siswa SMPN 1 Sijunjung

Eristi, Livi (2024) Hubungan antara Konsep Diri dengan Interaksi Sosial Siswa SMPN 1 Sijunjung. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI LIVI ERISTI 1915040080.pdf - Published Version

Download (830kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I LIVI ERISTI 1915040080.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (BAB III)
BAB_III LIVI ERISTI 1915040080.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAPUS LIVI ERISTI 1915040080.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI LIVI ERISTI 1915040080 FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan interaksi sosial siswa SMPN 1 Sijunjung. Manfaat penelitian ini untuk dapat mengembangkan pengetahuan dalam bidang ilmu psikologi khususnya dalam kajian psikologi sosial. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala konsep diri yang berjumlah 38 item dan skala interaksi sosial 43 item yang sudah di uji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 350 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah probability sampling sebanyak 187 siswa. Berdasarkan hasil kategorisasi didapatkan hasil bahwa kategori konsep diri dan interaksi sosial siswa SMPN 1 Sijunjung tinggi. Sesuai dengan hasil penelitian berdasarkan nilai pearson correlation variabel konsep diri dan interaksi sosial sebesar 0.615 dengan signifikan 0,001. Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara konsep diri dengan interaksi sosial, artinya semakin tinggi konsep diri siswa maka semakin tinggi interaksi sosial siswa sebaliknya semakin rendah konsep diri siswa maka semakin rendah interaksi sosial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Interaksi Sosial
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial > Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:38
Last Modified: 26 Apr 2024 06:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18897

Actions (login required)

View Item View Item