Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta didik Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Padang Panjang

Haya, Tania Fadia (2024) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta didik Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Padang Panjang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Tania Fadia Haya. NIM 2014010053. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (643kB)
[img] Text (BAB I)
Tania Fadia Haya. NIM 2014010053. BAB 1.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (BAB III)
Tania Fadia Haya. NIM 2014010053. BAB 3.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (BAB V)
Tania Fadia Haya. NIM 2014010053. BAB 5 dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (Full Text)
Tania Fadia Haya. NIM 2014010053. Full Text Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih ditemukan gejala yang dimana terdapat sebagian peserta didik masih rendah akhlaknya seperti masih ada Peserta didik yang meninggalkan shalat 5 waktu, ada peserta didik tidak menyapa dan menyalami guru ketika jalan dekat guru, ada beberapa peserta didik yang berkata kotor (bercarut) kepada teman sebaya baik itu di dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran. Dengan adanya pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah maka lakukan kegiatan program keagamaan akan menjadi sangat urgen karena dengan membiasakan kepada peserta didik mempengaruhi segala tindakannya dalam berbuat dan bersikap. Tujuan dalam penelitian skripsi yaitu (1) Untuk mengetahui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diajarkan dalam pembentukan akhlak di SMP Negeri 5 Padang Panjang, (2) Untuk mengetahui Akhlak yang udah diterapkan Peserta didik di SMP Negeri 5 Padang Panjang, (3) Untuk mengetahui Hubungan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti terhadap pembentukan akhlak Peserta didik di SMP Negeri 5 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekaatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas 8 SMP Negeri 5 Padang Panjang tahun ajaran 2023/2024. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling berjumlah 69 Peserta didik dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang terdiri dari 69 responden, kategori sangat baik yaitu pada skor 59-66 sebanyak 24 responden dengan presentase 24% dan kategori tidak baik yaitu pada skor 34-42 sebanyak 4 responden dengan presentase 4%. Hasil pembentukan akhlak dari 69 responden, kategori sangat baik yaitu pada skor 60-73 sebanyak 2 responden dengan presentase 2% dan kategori tidak baik yaitu pada skor 17-31 sebanyak 2 responden dengan presentase 2%. Berdasarkan hasil uji analisis menggunakan uji regresi linear sederhana yang dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 26 diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 <0,05. Jika sig 0.05, maka Ha diterima dan Ho di tolak, artinya terbukti terdapat Pengaruh antara Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Padang Panjang. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Akhlak Peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Akhlak Peserta didik.
Subjects: Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:41
Last Modified: 20 Mar 2024 04:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18895

Actions (login required)

View Item View Item