Peran Lembaga Bantuan Hukum Dalam Menangani Kasus Penyebaran Video Asusila Anak Di Bawah Umur Di Limau Lunggo Kabupaten Solok Perspektif Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Nabiilah, Afiifah (2024) Peran Lembaga Bantuan Hukum Dalam Menangani Kasus Penyebaran Video Asusila Anak Di Bawah Umur Di Limau Lunggo Kabupaten Solok Perspektif Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (739kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (816kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text (Fulltext)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kasus penyebaran video asusila anak di bawah umur yang terjadi di Limau Lunggo Kabupaten Solok yang ditangani oleh pihak LBH Padang. Tujuan dilakukan penelitian ini, pertama, untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh LBH Padang dalam menangani kasus. Kedua, untuk mengetahui hambatan yang dialami LBH Padang dalam memberikan perlindungan bagi korban. Ketiga, untuk mengetahui tinjauan amar ma’ruf nahi munkar terhadap peran LBH Padang. Di dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan ialah data primer yaitu wawancara dengan pihak LBH Padang untuk keterangan yang lebih dalam. Data sekunder berkaitan dengan dokumentasi wawancara dengan pihak LBH. Hasil penelitian yang penulis temukan yaitu : Pertama, upaya LBH Padang yaitu mendesak pihak kepolisian Sektor Solok, menemui pihak sekolah untuk mendapatkan klarifikasi, berkoordinasi dengan LPSK dan WCC Nurani Perempuan, bekerja sama dengan pihak kepolisan Sektor Ibu, mengkonfirmasikan pihak paralegal LBH Padang dengan pihak Kepolisian Sektor Ibu Kedua, faktor penghambat LBH Padang dalam menangani kasus yaitu adanya kelalaian pihak kepolisian karena LBH mendapatkan kesulitan untuk mengajukan pelaku sebagai DPO dan sulit menapatkan informasi yang jelas dari kronologi kejadian disebabkan posisi korban yang berada diluar kota . Ketiga, Ditinjau dari amar ma’ruf nahi munkar dapat dilihat bahwa LBH sudah melakukan sesuai dengan nilai-nilai amar ma’ruf nahi munkar yaitu membantu dan memastikan bahwa pelaku diadili sesuai dengan hukum dengan menunjukan kontribusi dalam memperjuangkan kebaikan dan keadilan, memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dengan potensi kejahatan serta bekerja sama dengan lembaga lain karena LBH tidak hanya memperhatikan aspek hukum saja tetapi juga kesejahteraan dan pemulihan korban secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LBH, Asusila, Amar Ma’ruf Nahi Munkar
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:25
Last Modified: 21 Mar 2024 01:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18893

Actions (login required)

View Item View Item