Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Slow Learner di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Padang

Wulan Dari, Yuni (2024) Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Slow Learner di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
YuniWulan Dari. NIM 2014010069 COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Yuni Wulan Dari. Nim 2014010069. BAB 1.pdf - Published Version

Download (615kB)
[img] Text (BAB III)
Yuni Wulan Dari. NIM 2014010069. BAB 3.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (BAB 5)
Yuni Wulan Dari. NIM 2014010069. BAB 5 dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (501kB)
[img] Text (Full Text)
Yuni Wulan Dari. NIM 2014010069. FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus jenis Slow Learner yang mempunyai masalah dengan daya tangkap rendah saat proses pembelajaran. Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 23 Padang terungkap bahwa anak Slow Learner sangat sulit menerima dan memahami pembelajaran. Hal itu di sebabkan beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Fokus permasalahan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tujuan, metode, media, dan Evaluasi dalam penerapan pembelajaran PAI bagi anak Slow Learner. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, metode, media, dan evaluasi yang digunakan. Sedangkan manfaat penelitian ini agar dapat menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak Slow Learner serta menambah wawasan tentang bagaiamana cara mengatasi permasalahan yang terjadi pada anak Slow Learner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, wakil kesiswaan, guru PAI, GPK, dan juga anak Slow Learner. Sedangkan analisis data menggunakan tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan tringulasi teknik dan tringulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah: pertama, tujuan penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak Slow Learner yaitu untuk menanamkan nilai agama islam bagi anak Slow Learner agar ia bisa melaksanakan kehidupan dengan menjalankan syariat agama sesuai ajaran agama Islam. Kedua, metode yang digunakan dalam penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak Slow Learner yaitu menggunakan metode ceramah, tanya jawab, pembiasaan serta praktek. Ketiga, media yang digunakan yaitu media visual dan audio visual seperti gambar, papan tulis serta video melalui infocus untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Keempat, evaluasi yang dilakukan guru dalam penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak Slow Learner dengan melakukan pendekatan dengan anak Slow Learner, menggunakan evaluasi diagnostik dan bekerjasama dengan guru pendamping khusus, serta orang tua siswa, sehingga dalam penerapan pembelajaran agama Islam ini terlaksana sesuai dengan tujuan yang diharapkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Anak Slow learner
Subjects: Agama Islam
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Kependidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:52
Last Modified: 20 Mar 2024 01:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18878

Actions (login required)

View Item View Item