The Implementation of Differentiated Instruction in English Subjects at SMPN 5 Padang Panjang

Yaslina, Ravica (2024) The Implementation of Differentiated Instruction in English Subjects at SMPN 5 Padang Panjang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Ravica Yaslina. NIM 2014050056. Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Ravica Yaslina. NIM 2014050056. BAB I.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (BAB III)
Ravica Yaslina. NIM 2014050056. BAB III.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (BAB V)
Ravica Yaslina. NIM 2014050056. BAB V.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (Full Text)
Ravica Yaslina. NIM 2014050056. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran bahasa Inggris di SMPN 5 Padang Panjang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subyeknya adalah tiga orang guru yang mengajar Bahasa Inggris di kelas VII dan VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data model Miles diterapkan untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan penelitian. Hasil penelitian dalam pembelajaran berdiferensiasi di mata pelajaran Bahasa Inggris telah terlaksana pada hakekatnya, baik dari pelaksanaan langkah-langkah hingga pelaksanaannya. Peneliti dapat mengambil kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran yang berdiferensiasi dalam mata pelajaran bahasa Inggris berakar pada pemetaan kebutuhan belajar siswa. Pemetaan kebutuhan belajar siswa ini diperoleh melalui survei awal, pretest atau yang disebut dengan penilaian diagnostik. Selanjutnya guru merancang pembelajaran bahasa Inggris sesuai hasil pemetaan. Guru juga melakukan evaluasi, yaitu evaluasi sumatif dan formal. Namun, pembelajaran berdiferensiasi bukan berarti guru menciptakan materi yang berbeda untuk setiap siswa; mengajar dengan cara yang berbeda untuk setiap siswa; apalagi membuat paket soal evaluasi yang berbeda-beda per siswa. Variasi atau pembedaan ini memerlukan waktu yang lebih lama dalam pengerjaannya dan hal ini sering kali menjadi kendala bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, khususnya pada mata pelajaran bahasa Inggris. Keywords : Kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi
Subjects: U Umum (General) > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:49
Last Modified: 20 Mar 2024 01:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18877

Actions (login required)

View Item View Item