Strategi P2TP2A Kota Padang Dalam Memberdayakan Perempuan Akibat Kekerasan Terhadap Rumah Tangga di Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang

Chandra, Rizki (2024) Strategi P2TP2A Kota Padang Dalam Memberdayakan Perempuan Akibat Kekerasan Terhadap Rumah Tangga di Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (604kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Bab V-Dapus)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI FULL RIZKI CHANDRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga masih dianggap oleh masyarakat sebagai persoalan domestic (privat) yang bersifat tertutup bukan sebagai persoalan sosial, sehingga nyaris mustahil bagi korban kekerasan dalam rumah tangga untuk mendapatkan bantuan dan penanganan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi P2TP2A Kota Padang dalam memberdayakan perempuan akibat kekerasan terhadap rumah tangga. Metode penilitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif analitis. Informan dalam penelitian ini diperoleh dengan purposive sampling, yaitu ketua pelaksana harian P2TP2A Kota Padang berjumlah 1 orang, bidang perlindungan hak khusus perempuan dan bidang informasi keluarga yang berjumlah 2 orang yang bertugas melakukan pemberdayaan kepada korban kekerasan dalam rumah tangga. Teknik pengumpulan data digunakan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dalam bentuk catatan angka korban kekerasan dalam rumah tangga dan bentuk-bentuk program yang dilakukan oleh P2TP2A Kota Padang. Serta analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini pertama, bentuk strategi P2TP2A Kota Padang dalam membangkitkan kualitas dan kemampuan diri korban, yaitu berupa pencegahan dan pelatihan. Kedua, bentuk strategi P2TP2A Kota Padang dalam mengembangkan peran korban agar terbebas dari ketidakberdayaan dan kekerasan, yaitu dengan pembinaan. Ketiga, bentuk strategi P2TP2A Kota Padang dalam mendorong korban untuk mendapatkan hak atas dirinya, yaitu dengan pengidentifikasian masalah, pencarian informasi, pemberian pemahaman, pendampingan dan advokasi. Keempat, bentuk strategi P2TP2A Kota Padang dalam meningkatkan kesejahteraan kehidupan korban, yaitu dengan rumah aman (shelter).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan, perempuan, kekerasan dalam rumah tangga.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 23 Mar 2024 16:40
Last Modified: 23 Mar 2024 16:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18872

Actions (login required)

View Item View Item