Penangguhan Pembayaran Jual Beli Baju Lebaran Setelah Panen Padi dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Nagari Bahagia Padang Gelugur Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman)

Diani, Nova Dila (2024) Penangguhan Pembayaran Jual Beli Baju Lebaran Setelah Panen Padi dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Nagari Bahagia Padang Gelugur Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover_ Daftar isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (915kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III Repository.pdf - Published Version

Download (831kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab V dapus.pdf - Published Version

Download (964kB)
[img] Text (Fulltext)
Nova Dila Diani 1913040159 Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh baju lebaran yang dibeli oleh masyarakat nagari bahagia padang gelugur penangguhan pembayarannya setelah panen padi yang telah disepakati sebelumnya. Sipenjual memberikan harga lebih tinggi untuk debitur dibanding orang yang membayar cash/ tunai. Apabila debitur mengalami gagal panen dan tidak bisa membayar hutangnya maka ada uang tambahan yang tidak disepakati diawal dari transaksi jual beli tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas pertanyaan penelitian ada dua, yaitu : 1) Bagaimana pelaksanaan penangguhan pembayaran jual beli baju lebaran setelah panen padi di Nagari Bahagia Padang Gelugur ? 2) Bagaimana Perspektif Hukum Islam terhadap penangguhan pembayaran jual beli baju lebaran setelah panen padi ? untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian (field research) yang bersifat kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh langsung dari masyarakat yang melaksanakan jual beli tersebut. Data sekunder diperoleh dari buku, internet,jurnal dan referensi lain yang relevan dengan objek pembahasan, pengumpulan data, obeservasi, wawancara, dokumentasi, analisis data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Penangguhan pembayaran jual beli baju lebaran dilakukan setelah panen, apabila terjadi gagal panen maka ada uang tambahan yang harus dibayar oleh debitur. (2) Menurut Hukum Islam penangguhan pembayaran jual beli baju lebaran setelah panen padi disepakati setalah panen padi di Nagari Bahagia Padang Gelugur sesuai dengan ajaran Islam. Tetapi jual beli baju lebaran yang pembayarannya gagal panen ada uang tambahan pembayarannya tidak sesuai dengan perjanjian yang pertama, yang namanya ada uang tambahan adalah riba dan tidak diperbolehkan dalam Hukum Islam dalam melakukan jual beli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual beli, Hutang piutang, Hukum Islam
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:25
Last Modified: 20 Mar 2024 04:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18845

Actions (login required)

View Item View Item