Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Religius dan Gotong Royong Siswa melalui Program Ekstrakurikuler Rohani Islam (Studi di SMK-SPP Negeri 3 Kerinci)

Mukhlis, Mukhlis (2024) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Religius dan Gotong Royong Siswa melalui Program Ekstrakurikuler Rohani Islam (Studi di SMK-SPP Negeri 3 Kerinci). Masters thesis, PASCASARJANA.

[img] Text (Cover- Daftar Isi)
Mukhlis. NIM 2120010020. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (987kB)
[img] Text (BAB I)
Mukhlis. NIM 2120010020. BAB I.pdf - Published Version

Download (804kB)
[img] Text (BAB III)
Mukhlis. NIM 2120010020. BAB III.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
Mukhlis. NIM 2120010020. BAB V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (541kB)
[img] Text (FullText)
Mukhlis. NIM 2120010020. FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mukhlis. 2023. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Religius dan Gotong Royong melalui Program Ekstrakurikuler Rohani Islam (Studi di SMK-SPP Negeri 3 Kerinci). Tesis, Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang. Dekadensi moral telah menjadi realitas yang tidak terhindarkan di era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, terutama di kalangan siswa menengah. Oleh karena itu, sekolah bukan hanya berperan sebagai lembaga untuk memperoleh pengetahuan saja, namun juga diharapkan mampu memberi pembelajaran yang mendorong penguatan karakter siswa. Salah satu upaya penginternalisasian nilai-nilai pendidikan karakter religius dan gotong royong, sekolah ini menghadirkan ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis). Adapun tujuan penelitian ini yaitu, mendeskripsikan dan menganalisis proses internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter religius dan gotong royong siswa melalui program Ekstrakurikuler Rohis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sumber data terdiri dari Kepala Sekolah, Pembina Rohis, Pengurus Rohis dan siswa/siswi yang menjadi anggota Rohis. Tahap analisis data meliputi reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan proses internalisasi melalui beberapa tahapan, diantaranya : 1) transformasi nilai religius dan gotong royong yakni, materi disampaikan oleh pemateri atau ustadz yang memiliki kompetensi di bidangnya, baik dari dalam maupun luar sekolah, dengan metode ceramah (Komunikasi verbal) melalui program kerja Rohis seperti, Kajian Islam, PHBI, Bimbingan Al-Qurán dan program lainnya; 2) transaksi nilai religius dan gotong royong yakni, melalui program yang sifatnya aktif, aktif yang dimaksud yaitu pemateri atau ustadz bukan hanya sekedar memberikan materi saja, tetapi juga memberikan tindakan praktek (modelling). Serta adanya wadah interaksi timbal balik antara pembina dan siswa seperti pada program diskusi keagamaan, tadabbur alam, mabit dan program lainnya; 3) trans-internalisasi nilai religius dan gotong royong yakni dengan (a) membiasakan dalam besikap, berperilaku dan bertindak sesuai dengan nilai yang telah ditanamkan. Seperti, selalu mengawali kegiatan dengan berdo’a, bertadarus Al-Qurán, sholat lima, sholat dhuha berjama’ah dan kegiatan lainnya. Serta membiasakan memiliki sikap peduli, dengan berinfaq, tolong menolong, bekerja sama. (b) membudayakan nilai karakter yang baik, dengan menciptakan suasana religius dan gotong royong di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai, Pendidikan Karakter, Religius, Gotong Royong, Rohis.
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:51
Last Modified: 14 Mar 2024 06:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18840

Actions (login required)

View Item View Item