Pengaruh Optimalisasi Pendayagunaan Dana Zakat Produktif Terhadap Kemandirian Ekonomi Rumah Tangga Miskin Pada Inisiatif Zakat Indonesia (Izi) Padang Sumatera Barat

Putri, Lara Aziza (2024) Pengaruh Optimalisasi Pendayagunaan Dana Zakat Produktif Terhadap Kemandirian Ekonomi Rumah Tangga Miskin Pada Inisiatif Zakat Indonesia (Izi) Padang Sumatera Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Gambar Lara Aziza Putri 2016010011)
Cover _Daftar Tabel -Lara Aziza Putri - 2016010011.pdf - Published Version

Download (774kB)
[img] Text (Bab I - Lara Aziza Putri 2016010011)
Bab I - Lara Aziza Putri - 2016010011.pdf - Published Version

Download (587kB)
[img] Text (Bab III - Lara Aziza Putri 2016010011)
Bab III - Lara Aziza Putri - 2016010011.pdf - Published Version

Download (701kB)
[img] Text (Bab V - Daftar Pusta Lara Aziza Putri 2016010011)
Bab V _ Daftar Pustaka - Lara Aziza Putri - 2016010011.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (Lara Aziza Putri 2016010011 - FullText.pdf)
Lara Aziza Putri - 2016010011 - FullText (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persoalan pendayagunaan dana zakat yang perlu dilakukan pembaharuan agar hasilnya lebih optimal dalam memandirikan ekonomi rumah tangga miskin penerima dana zakat. Kemandirian ekonomi rumah tangga miskin penerima dana zakat menjadi tolak ukur dalam optimalisasi pendayagunaan dana zakat produktif. Sementara kecenderungan mustahik justru menunjukkan angka yang meningkat setiap tahunnya. Studi kemandirian ekonomi rumah tangga miskin penerima dana zakat cenderung diteliti hanya dari sisi pemberdayaan. Sementara kemandirian ekonomi rumah tangga miskin dari optimalisasi pendayagunaan dana zakat produktif pada suatu lembaga amil zakat belum sepenuhnya diteliti. Penelitian ini menjawab seberapa besar pengaruh optimalisasi pendistribusian, optimalisasi pemerataan dan optimalisasi pemanfaatan dari pendayagunaan dana zakat produktif terhadap kemandirian ekonomi rumah tangga miskin penerima dana zakat pada LAZ IZI Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua rumah tangga miskin penerima dana zakat produktif dari Lembaga IZI Kota Padang, dengan sampel sebanyak 60 responden menggunakan total population sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada penerima dana zakat produktif dari LAZ IZI Kota Padang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear, yang pengolahan datanya menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi pendistribusian, pemerataan dan pemanfaatan dari pendayagunaan dana zakat produktif di IZI Kota Padang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian ekonomi rumah tangga miskin penerima dana zakat dari LAZ IZI Kota Padang, dengan nilai R Square sebesar 44,3% dari dana zakat produktif yang didayagunakan. Penelitian ini menemukan bahwa pentingnya pendayagunaan dana zakat yang optimal, tepat dan terarah secara produktif sehingga dapat mempercepat proses kemandirian ekonomi rumah tangga miskin penerima dana zakat. Temuan penelitian juga mengungkapkan bahwa LAZ IZI Kota Padang telah berhasil dalam mengoptimalkan pendayagunaan dana zakat produktif untuk memandirikan ekonomi rumah tangga miskin penerima dana zakat. Hal ini menunjukkan komitmen dan kemampuan lembaga dalam mendayagunakan dana zakat produktif secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan sosial ekonomi yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Pendayagunaan, Zakat Produktif, Kemandirian Ekonomi, Rumah Tangga Miskin
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:19
Last Modified: 05 Mar 2024 07:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18802

Actions (login required)

View Item View Item