Pengaruh Financial Attitude, Gaya Hidup dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Wisma.N, Jeli Sonia (2024) Pengaruh Financial Attitude, Gaya Hidup dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Jeli Sonia Wisma N. 2016010001- Cover-Daftar isi.pdf - Published Version

Download (531kB)
[img] Text (BAB 1)
Jeli Sonia Wisma N-2016010001 BAB 1.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (BAB III)
Jeli Sonia Wisma N-2016010001 BAB III.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
Jeli Sonia Wisma N-2016010001 BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (Fulltext)
Jeli Sonia Wisma N. 2016010001.- Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa sebagian besar mengurus keuangan sendiri tanpa campur tangan orang tua. Dalam situasi ini, mengandalkan kemandirian di lingkungan sekitar akan membawa tantangan baru bagi mahasiswa. Setiap mahasiswa memiliki kebutuhan yang berbeda, dan cenderung mengikuti tren yang sedang populer. Dengan pusat tren yang mudah diakses bagi mahasiswa yang aktif menggunakan media sosial, mahasiswa cenderung meniru gaya dari tokoh-tokoh idolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh financial attitude, gaya hidup dan media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2.710 mahasiswa, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasil sampel 96 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda menggunaka perangkat SPSS. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa financial attitude tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Sedangkan gaya hidup dan media sosial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil regresi nilai koefisien regresi variabel financial attitude (X1) sebesar -0,267, dengan nilai signifikansi 0,213 > 0,05, dan dapat disimpulkan bahwa financial attitude berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Sedangkan nilai koefisien regresi gaya hidup (X2) sebesar 0,921 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Nilai koefIsien media sosial (X3) sebesar 0,772 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Kata kunci: Financial Attitude, Gaya Hidup, Media Sosial, Perilaku Konsumti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Financial Attitude, Gaya hidup, Media Sosial ,Perilaku Konsumtif
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:24
Last Modified: 28 Feb 2024 09:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18790

Actions (login required)

View Item View Item