Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI MAS Andilan Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman

Hasanah, Nurul (2924) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI MAS Andilan Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (960kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 SKRIPSI NURUL HASANAH.pdf - Published Version

Download (530kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3 SKRIPSI NURUL HASANAH.pdf - Published Version

Download (504kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V skripsi Nurul Hasanah.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI FULL NURUL HASANAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan, pada proses pembelajaran peserta didik hanya kurang berpartsispasi aktif, yang mana sebagian peserta didik hanya mendengarkan dan mencatat materi yang diberikan oleh pendidik saja. Akibatnya masih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Fikih. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) mengetahui gambaran Pre-test hasil belajar pada kelas eksperimen mata pelajaran Fikih kelas XI MAS Andilan (2) mengetahui gambaran Pre-test hasil belajar pada kelas kontrol mata pelajaran Fikih kelas XI MAS Andilan (3) mengetahui gambaran Post-test hasil belajar pada kelas eksperimen mata pelajaran Fikih kelas XI MAS Andilan (4) mengetahui gambaran Post-test hasil belajar pada kelas kontrol mata pelajaran Fikih kelas XI MAS Andilan (5) mengetahui gambaran pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas XI MAS Andilan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental). Dalam penelitian ini mengunakan desain penelitian kelas kontrol dan kelas eksperimen, serta instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu dengan melakukan Pre Test dan Post Test. Hasil lembar penilaian hasil belajar dianalisis secara statistic menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata nilai pre-test hasil belajar Fikih kelas eksperimen 53,08. 2). rata-rata nilai pre-test hasil belajar Fikih kelas kontrol 60.77 (3) rata-rata nilai post-test hasil belajar Fikih kelas eksperimen 81,92 (4) rata-rata nilai post-test hasil belajar Fikih kelas kontrol 61,54 (5) Terdapat pengaruh signifikan penerapan strategi Team Games Tournament terhadap hasil belajar peserta didik, dibuktikan dengan mengunakan uji-T data hasil belajar peserta didik memiliki sig 0,000 Dimana lebih kecil dari signifikan 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Team Games Tournament, hasil belajar, Fikih
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Feb 2024 00:46
Last Modified: 28 Feb 2024 00:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18788

Actions (login required)

View Item View Item