Astuti, Nia Dwi (2024) Hubungan antara Gaya Belajar dengan Kecerdasan Linguistik Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (626kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version Download (413kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III .pdf - Published Version Download (560kB) |
|
Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (282kB) |
|
Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan studi pendahuluan peserta didik masih banyak yang belum lancar dalam hal kecakapan baik lisan maupun tulisan. Sehingga gaya belajarnya tidak terlihat, dan akan mempengaruhi kecerdasan linguistik, karena gaya belajar peserta didik merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam belajar. Tujuan pembuatan skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui gaya belajar peserta didik kelas XI. (2) untuk mengetahui kecerdasan linguistik peserta didik kelas XI. (3) untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan kecerdasan linguistik peserta didik kelas XI pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 250 peserta didik dan sampel yang digunakan sebanyak 154 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi dengan menggunakan variabel bebas gaya belajar dan variabel terikat kecerdasan lingustik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat peserta didik hampir setengahnya yang memenuhi indikator gaya belajar pada kategori rendah dengan persentase 30%. (2) terdapat peserta didik hampir setengahnya yang memenuhi indikator kecerdasan linguistik pada kategori sedang dengan persentase 36%. (3) terdapat hubungan yang positif antara gaya belajar dengan kecerdasan linguistik, dimana hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai r_xy sebesar 0,295, sedangkan r_tabel dengan N=154 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,157, maka H_o ditolak dan H_a diterima. Pada koefisien korelasi menunjukkan arah lokasi yang positif, artinya terdapat korelasi positif yang signifikan antara hubungan antara gaya belajar dengan kecerdasan linguistik peserta didik kelas XI pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. Hal ini berarti H_a diterima kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Kecerdasan Linguistik, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | U Umum (General) > Agama > Agama Islam Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam di Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 09:31 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 09:31 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18786 |
Actions (login required)
View Item |