Pengembangan Buku Panduan Menulis Puisi Menggunakan Model Mind Mapping pada Peserta Didik Kelas IV SDN 13 Kuranji Padang

Fitri, Nurul (2023) Pengembangan Buku Panduan Menulis Puisi Menggunakan Model Mind Mapping pada Peserta Didik Kelas IV SDN 13 Kuranji Padang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Bagi cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Bagi BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Bagi BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V dan daftar pustaka)
Bagi BAB V.pdf - Published Version

Download (605kB)
[img] Text (Full text)
Bagi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Masalah penting yang sering dihadapi pendidik dalam kegiatan pembelajaran adalah memilih dan menentukan materi pembelajaran atau bahan ajar yang tepat dalam rangka membantu peserta didik untuk mencapai kompetensi. Rendahnya nilai peserta didik pada kompetensi dasar menulis puisi karena kurangnya minat untuk menulis puisi dan bahan ajar yang digunakan belum bervariasi. Dengan demikian, kemampuan peserta didik dalam menulis puisi akan semakin berkembang dengan baik jika didukung oleh buku panduan menulis puisi yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas buku panduan menulis puisi menggunakan model mind mapping pada peserta didik di SDN 13 Kuranji Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan model sepuluh tahap pelaksanaan mengacu pada teori Borg dan Gall menjadi tujuh tahap. Hal ini dilakukan dengan alasan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Tujuh tahap pelaksanaan penelitian sebagai berikut: (1) pengukuran kebutuhan dan studi literatur, (2) pengembangan draf produk, (3) uji coba lapangan, (4) revisi hasil uji coba, (5) penyempurnaan produk akhir, (6) mendeskripsikan penggunaan produk, (7) uji keefektivan. Subjek dari penelitian ini adalah validator ahli media, validator ahli materi, validator ahli bahasa, 1 orang pendidik kelas IV dan 30 peserta didik kelas IV SDN 13 Kuranji Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi beserta angket. Teknik analisis datanya dianalisis melalui uji t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria buku panduan menulis puisi valid dan praktis. Buku panduan dapat digunakan dengan persentase validitas sebesar 86,08%, persentase dari ahli media sebesar 78,5% dengan kategori valid, persentase dari ahli materi sebesar 93,75% dengan kategori sangat valid dan persentase dari ahli bahasa sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Buku panduan menulis puisi dapat digunakan dengan persentase praktikalitas sebesar 84,66% , persentase dari pendidik sebesar 70,86% dengan kategori praktis. Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan melalui uji t dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa thitung (4,586) ˃ ttabel (2,045). Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada saat menggunakan buku panduan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis puisi, mind mapping
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:15
Last Modified: 18 Oct 2023 03:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18725

Actions (login required)

View Item View Item