PELAKSANAAN METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI RUMAH TAHFIDZ BUSTANUL QUR’AN DI KELURAHAN KURANJI KOTA PADANG

Wulandari, An-Nisa (2023) PELAKSANAAN METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI RUMAH TAHFIDZ BUSTANUL QUR’AN DI KELURAHAN KURANJI KOTA PADANG. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover s/d Daftar Isi)
COVER PERPUS.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I A.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (Bab III)
BAlB III PERPUS.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Bab V Dan Daftar Pustaka)
BAB V Dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (Fulltext)
BAB I-BAB 5 PERPUS_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca AlQur’an santri Rumah Tahfidz Bustanul Qur’an baik santri baru maupun santri yang sudah lama masih terdapat santri yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar secara maksimal, masih ada yang terbata-bata, dalam mengucapkan huruf hijaiyah belum tepat pada makhraj, sifat-sifat huruf serta panjang pendek dan menentukan dengung pada bacaan. Dengan demikian maka digunakanlah metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri, metode talaqqi yaitu metode yang dilakukan secara (musyafahah), dari mulut ke mulut. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui persiapan metode Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri Rumah Tahfidz Bustanul Qur’an di Kelurahan Kuranji Kota Padang. (2) untuk mengetahui pelaksanaan metode Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri Rumah Tahfidz Bustanul Qur’an di Kelurahan Kuranji Kota Padang. (3) untuk mengetahui evaluasi metode Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri Rumah Tahfidz Bustanul Qur’an di Kelurahan Kuranji Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada pada penelitaln yalng menggalmbalrkaln sesualtu seperti alpal aldalnyal dengaln mengunalkaln sumber-sumber yalng mendukung penelitialn ini. Hasil penelitian ini adalah (1) Persiapan metode Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri Rumah Tahfidz Bustanul Qur’an di Kelurahan Kuranji Kota Padang adalah dengan seorang guru harus mempersiapkan bahan ajar dari panduan buku talaqqi dan media gambar serta guru harus meningkatkan kemampuan diri dalam membaca Al-Qur’an. (2) Pelaksanaan metode Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an pada santri Rumah Tahfidz Bustanul Qur’an di Kelurahan Kuranji Kota Padang adalah dengan guru membacakan bacaan yang ada pada buku panduan talaqqi telebih dahulu, setelah itu santri menirukan bacaan yang diucapkan guru ataupun sebaliknya, dilakukan dengan satu persatu santri maju kedepan guru (3) Evaluasi metode Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri Rumah Tahfidz Bustanul Qur’an di Kelurahan Kuranji Kota Padang dengan mengunakan evaluasi harian dan akhir. Evaluasi harian dilakukan oleh guru di setiap pertemuan proses pembelajaran dan evaluasi akhir dilaksanakan di setiap semesternya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Talaqqi, Membaca Al-Quran
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan
Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:55
Last Modified: 18 Oct 2023 04:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18662

Actions (login required)

View Item View Item