Penerapan Model Pembelajaran Situation Based Learning (SBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik di kelas VII MTs N 13 Pesisir Selatan

Hasmaedy Putri, Vira (2023) Penerapan Model Pembelajaran Situation Based Learning (SBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik di kelas VII MTs N 13 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER SKRIPSI)
COVER VIRA HASMAEDY PUTRI (1).pdf - Published Version

Download (973kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V- DAFTAR PUSTAKA)
BAB V SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (473kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
VIRA HASMAEDY PUTRI_1814040069_SKRIPSIi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar peserta didik dikelas VII MTs N 13 Pesisir Selatan. Hal ini disebabkan karena pendidik belum mengkreasikan suatu situasi daalam belajar yang dapat memunculkan pertanyaan peserta didik. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran situation based learning. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran situation based learning lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dikelas VII MTs N 13 Pesisir Selatan. 2) mengetahui kemandirian belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran situation based learning dikelas VII MTs N 13 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs N 13 Pesisir Selatan tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Terpilih kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes kemampuan pemecahan massalah matematis dan angket kemandirian belajar peserta didik. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji-t dan angket dengan menghitung derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen 80,32 dan kelas kontrol 65,87. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada selang kepercayaan 95% diperoleh t_hitung>t_tabel ( 4,26> 1,68.) maka keputusannya H_1 diterima artinya kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran situation based learning lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dikelas VII MTs N 13 Pesisir Selatan. Untuk angket diperoleh derajat pencapaian kemandirian belajar peserta didik adalah 71.14% dengan kriteria sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa model situation based learning dapat memperbaiki kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: situation based learning, kemampuan pemecahan masalah, kemandirian belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:32
Last Modified: 07 Feb 2024 01:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18637

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item