ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SINGKAWANG NOMOR 167/PDT.P/2018/PN.SKW DALAM KASUS PERGANTIAN JENIS KELAMIN PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH

Putra, Ansyah (2023) ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SINGKAWANG NOMOR 167/PDT.P/2018/PN.SKW DALAM KASUS PERGANTIAN JENIS KELAMIN PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover Dll)
Cover Abstrak Pengesahan (1).pdf - Published Version

Download (753kB)
[img] Text (BAB I)
Skripsi BAB I.pdf - Published Version

Download (790kB)
[img] Text (BAB III)
Skripsi BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Skripsi BAB V (3).pdf - Published Version

Download (637kB)
[img] Text (Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SINGKAWANG NOMOR 167/PDT.P/2018/PN.SKW DALAM KASUS PERGANTIAN JENIS KELAMIN PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH” Dalam Kasus Pergantian Jenis Kelamin Perspektif Maqashid Syariah” telah diselesaikan oleh Ansyah Putra Nim, 1613010138 Jurusan Hukum Keluarga Fakultas Syari’ah UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil putusan di Pengadilan Negeri Singkawang Nomor: 167/ PDT.P /2018/ PN.SKW yang mengabulkan permohonan izin pergantian Identitas dari laki-laki menjadi perempuan untuk dicatatkan di Pencatatan Sipil. Pertimbangan Hakim mengabulkan permohonan tersebut dengan alasan pemohon telah melakukan operasi kelamin dari seorang laki-laki menjadi seorang perempuan pada 20 Oktober 2017 dan keterangan dari para saksi bahwa pemohon dari kecilnya sudah bertingkah laku dan berpakaian seperti seorang perempuan. Berdasarkan uraian tersebut penulis tertarik mengkaji tentang Bagaimana Pertimbangan Hakim Dalam Penetapan Pengadilan Negeri Nomor Perkara 167/PDT.P/2018/PN.SKW tentang pengesahan identitas dari seorang laki-laki menjadi perempuan jika ditinjau dari Maqashid Syariah. Pertanyaan penelitian terkait rumusan masalah tersebut ialah: 1). Apa alasan Hakim Pengadilan Negeri Singkawang Yang Telah Mengesahkan Identitas Seseorang Yang Melakukan Operasi Kelamin. 2). Bagaimana Analisis Putusan dan Alasan Hakim jika dikaitkan dengan Maqashid al-Syariah. Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan (Library reseach) dengan menganalisis Putusan Nomor Perkara 167/PDT.P/2018/PN.SKW. Hasil dari penelitian adalah pemohon mendapatkan pengesahan pergantian identitas dari seorang laki-laki menjadi seorang perempuan mengingat karena sudah melakukan operasi kelamin dan beberapa keterangan dari para saksi, namun jika ditijau dari maqashid syariah dari segi hifdzu ad-diin dan hifdzu an-nasl maka hal ini akan menjadikan kemudharatan kepada pemohon terkait masalah ibadah, warisan, dan juga keturunan. Kata Kunci: Pergantian Jenis Kelamin, Maqashid Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pergantian Jenis Kelamin, Maqashid Syariah
Subjects: Agama Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:41
Last Modified: 17 Oct 2023 04:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18616

Actions (login required)

View Item View Item