STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ ADI HIDAYAT PADA CHANNEL YOUTUBE ADI HIDAYAT OFFICIAL

Sayuti Simbolon, Simbolon Sayuti (2023) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ ADI HIDAYAT PADA CHANNEL YOUTUBE ADI HIDAYAT OFFICIAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
cover_-_daftar_isi sayuti.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka - Sayuti.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text
Full Text - Sayuti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ustad Adi Hidayat adalah salah satu penceramah populer yang menyampaikan gagasan-gagasan keagamaan secara lembut dan toleran sehingga banyak disukai oleh masyarakat. Ustadz Adi Hidayat bersama tim mengelola Youtube sebagai media ceramah dalam platform digital. Menggunakan youtube sebagai media untuk berdakwah adalah cara yang tepat agar tersampainya pesan yang dimaksud oleh pendakwah (da’i). Selain mad’u bisa mendengarkan ceramah hanya menggunakan handphone dan tidak tidak perlu keluar rumah, mad’u juga bisa mengulang atau memutar kembali ceramah tersebut apabila mad’u kurang paham dengan yang dikatakan oleh da’i. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui strategi dakwah dari segi Al-Manhaj Al-Athifi (strategi sentimental) ustadz Adi Hidayat pada channel Adi Hidayat Official (2) Untuk mengetahui strategi dakwah dari segi Al-Manhaj Al-Aqli (strategi rasional) ustadz Adi Hidayat channel Adi Hidayat Official (3) Untuk mengetahui strategi dakwah dari segi Al-Manhaj Al-Hissi (strategi indrawi) ustadz Adi Hidayat channel Adi Hidayat Official Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis isi. Sumber datanya adalah sumber data primer yaitu rekaman video Ustadz Adi Hidayat, Lc., M.A Pada Channel Youtube Adi Hidayat Official yang memiliki penonton (viewer) dengan jumlah minimal 200.000 kali ditonton dan sumber data sekunder yaitu buku, jurnal, internet dan sumber lainnya yang dapat dijadikan sebagai data pelengkap. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan riset pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Dakwah Ustadz Adi Hidayat Pada Youtube Channel Adi Hidayat Official yang membangkitkan rasa optimis, menceritakan kisah-kisah yang menyentuh hati, berdakwah dengan kelembutan, penggunaan logika, diskusi, panca indra dan hasil penelitian semuanya sesuai dengan strategi dakwah Muhammad Abu Fatah Al-Bayanuni yang membagi strategi komunikasi dakwah kedalam tiga bentuk, yaitu strategi sentimental artinya strategi dakwah yang memfokuskan aspek hati dan menggerakkan perasaan dan batin mad’u, strategi rasional artinya strategi dakwah yang memfokuskan aspek akal pikiran, mendorong setiap mad’u untuk berfikir dan merenungkan serta mengambil pelajaran, dan strategi indriawi artinya strategi dakwah yang berorientasi pada panca indra dan berpegang teguh pada hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Dakwah, Adi Hidayat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:23
Last Modified: 17 Oct 2023 08:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18601

Actions (login required)

View Item View Item