MIRKAL, M (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 2X11 ENAM LINGKUNG SICINCIN KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Pasca Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.
Text
STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 2X11 ENAM LINGKUNG SICINCIN KABUPATEN PADANG PARIAMAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (168kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (230kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (406kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEl.pdf Download (228kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (554kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (869kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (39kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (443kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (15kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
Text
17. Dokumentasi Penelitian.pdf Download (1MB) |
|
Text
16. BIODATA.pdf Download (22kB) |
Abstract
Mirkal, NIM. 088152369, tesis yang berjudul: “Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 01 2X11 Enam Lingkung Sicincin Kabupaten Padang Pariaman”,Tesis, Padang: Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Prodi Pendidikan Islam, 2018, jumlah halaman 151 Penelitian ini dilatar belakangi dari keistimewaan dan kesuksesan dari sekolah ini yang mana, sekolah ini merupakan sekolah yang cukup berhasil dan sukses dalam mendidik peserta didiknya, hal ini dapat terlihat dari visi dan misi dari sekolah ini dan juga dapat dilihat dari prestasi-prestasi yang sudah diperoleh oleh para peserta didiknya. Hal lain juga terlihat dari hasil ujian nasional tahun 2017 dengan memperoleh peringkat ke-2 tingkat Kabupaten Padang Pariaman. Batasan masalah adalah pertama, Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam mendesain materi Pembelajaran PAI untuk mengembangkan kreativitas peserta didik, kedua, Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam pelaksanaan Pembelajaran PAI untuk mengembangkan kreativitas peserta didik dan ketiga, Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam mengevaluasi Pembelajaran PAI untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 01 2X11 Enam Lingkung Sicicin Kabupaten Padang Pariaman. Metode penelitian adalah metode kualitatif, yaitu menggambar-kan hasil penelitian sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru PAI, kepala sekolah dan siswa SDN 01 2X11 Enam Lingkung Sicicin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian adalah, pertama, dilihat dari strategi guru dalam mendesain pembelajaran. RPP yang dibuat oleh guru disusun berdasarkan Permen 41 tahun 2007, dan juga disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang dapat mengembangkan kreativitas peserta didik itu sendiri. Dalam mengembangkan kreativitas point-poin RPP didesain guru sebaik mungkin sehingga dalam poin RPP tersebut dapat mengembangkan kreativitas peserta Didik. kedua, strategi pembelajaran kooperatif dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN 01 2X11 Enam Lingkung Sicicin sudah terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari penyampaian materi pembelajaran, penguasaan kelas, media yang digunakan dan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. Dalam menjelaskan materi strategi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Strategi yang sering digunakan oleh guru adalah pembelajaran kooperatif. Dan media yang sering digunakan adalah media audio, dan visual. Media yang digunakan guru tidak hanya dibuat oleh guru, tetapi siswa juga dilibatkan. Namun dalam rincian dan uraian dalam pembuatan RPP belum begitu terkuasai dan sangatlah perlu sebagai guru PAI untuk melakuakan evaluasi dalam pembuatan RPP yang lebih baik. Ketiga, dalam memberikan evaluasi, dilakukan dengan mengungkapkan pertanyaan secara jelas, dengan bahasa yang dapat dipahami oleh peserta didik. Sebelum memulai pembelajaran, diberikan pertanyaan pelacak (pretest) kepada peserta didik untuk mengetahui kualitas pengetahuan peserta didik. Pertanyaan dibuat dengan mempertimbangkan tingkat kesukaran serta mensistematiskannya mulai dari yang mudah sampai kepada pertanyaan yang sukar. Peserta didik diberikan kesempatan berfikir sejenak dalam menjawab pertanyaan. Apabila peserta didik yang diberikan pertanyaan tidak dapat menjawab, ia tidak bisa divonis bodoh, atau diberi kata-kata yang tidak enak didengar, tetapi tetap dilihat dengan wajah ramah dan diberikan motivasi untuk lebih giat belajar, kemudian pertanyaan dilemparkan kepada peserta yang lain untuk menjawabnya. Mirkal, NIM. 088152369, tesis yang berjudul: “Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 01 2X11 Enam Lingkung Sicincin Kabupaten Padang Pariaman”,Tesis, Padang: Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Prodi Pendidikan Islam, 2018, jumlah halaman 151 Penelitian ini dilatar belakangi dari keistimewaan dan kesuksesan dari sekolah ini yang mana, sekolah ini merupakan sekolah yang cukup berhasil dan sukses dalam mendidik peserta didiknya, hal ini dapat terlihat dari visi dan misi dari sekolah ini dan juga dapat dilihat dari prestasi-prestasi yang sudah diperoleh oleh para peserta didiknya. Hal lain juga terlihat dari hasil ujian nasional tahun 2017 dengan memperoleh peringkat ke-2 tingkat Kabupaten Padang Pariaman. Batasan masalah adalah pertama, Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam mendesain materi Pembelajaran PAI untuk mengembangkan kreativitas peserta didik, kedua, Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam pelaksanaan Pembelajaran PAI untuk mengembangkan kreativitas peserta didik dan ketiga, Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam mengevaluasi Pembelajaran PAI untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Agama Islam untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 01 2X11 Enam Lingkung Sicicin Kabupaten Padang Pariaman. Metode penelitian adalah metode kualitatif, yaitu menggambar-kan hasil penelitian sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru PAI, kepala sekolah dan siswa SDN 01 2X11 Enam Lingkung Sicicin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian adalah, pertama, dilihat dari strategi guru dalam mendesain pembelajaran. RPP yang dibuat oleh guru disusun berdasarkan Permen 41 tahun 2007, dan juga disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang dapat mengembangkan kreativitas peserta didik itu sendiri. Dalam mengembangkan kreativitas point-poin RPP didesain guru sebaik mungkin sehingga dalam poin RPP tersebut dapat mengembangkan kreativitas peserta Didik. kedua, strategi pembelajaran kooperatif dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN 01 2X11 Enam Lingkung Sicicin sudah terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari penyampaian materi pembelajaran, penguasaan kelas, media yang digunakan dan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. Dalam menjelaskan materi strategi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Strategi yang sering digunakan oleh guru adalah pembelajaran kooperatif. Dan media yang sering digunakan adalah media audio, dan visual. Media yang digunakan guru tidak hanya dibuat oleh guru, tetapi siswa juga dilibatkan. Namun dalam rincian dan uraian dalam pembuatan RPP belum begitu terkuasai dan sangatlah perlu sebagai guru PAI untuk melakuakan evaluasi dalam pembuatan RPP yang lebih baik. Ketiga, dalam memberikan evaluasi, dilakukan dengan mengungkapkan pertanyaan secara jelas, dengan bahasa yang dapat dipahami oleh peserta didik. Sebelum memulai pembelajaran, diberikan pertanyaan pelacak (pretest) kepada peserta didik untuk mengetahui kualitas pengetahuan peserta didik. Pertanyaan dibuat dengan mempertimbangkan tingkat kesukaran serta mensistematiskannya mulai dari yang mudah sampai kepada pertanyaan yang sukar. Peserta didik diberikan kesempatan berfikir sejenak dalam menjawab pertanyaan. Apabila peserta didik yang diberikan pertanyaan tidak dapat menjawab, ia tidak bisa divonis bodoh, atau diberi kata-kata yang tidak enak didengar, tetapi tetap dilihat dengan wajah ramah dan diberikan motivasi untuk lebih giat belajar, kemudian pertanyaan dilemparkan kepada peserta yang lain untuk menjawabnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 38 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2018 03:58 |
Last Modified: | 27 Nov 2018 03:58 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1858 |
Actions (login required)
View Item |