E-LkPD Sigil STEM Kearifan Lokal Talempong Berpikir Kreatif

Nengsih, Refni Aldia (2023) E-LkPD Sigil STEM Kearifan Lokal Talempong Berpikir Kreatif. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover s/d Daftar isi)
cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (Bab III)
bab 3.pdf - Published Version

Download (630kB)
[img] Text (Bab V)
bab 5.pdf - Published Version

Download (576kB)
[img] Text (Fulltext)
full tekx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik adalah proses pembelajaran yang masih konvensional dimana bahan ajar utama yang digunakan adalah bahan ajar cetak yang mana menyebabkan peserta didik merasa kesulitan dalam memahami pembelajaran. Mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan inovasi dalam penggunaan bahan ajar. Salah satunya dengan menggunakan e-LKPD menggunakan program Sigil berbasis STEM terintegrasi Kearifan Lakal Talempong. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-LKPD menggunakan program Sigil berbasis STEM terintegrasi Kearifan Lakal Talempong terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang valid, pratis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research And Development (R&D). Model pengembangan adalah Plomp yang terdiri dari tiga tahap, penelitian pendahuluan (Preliminary reseach), fase pengembangan atau prototipe (development of prototypephase), dan fase penilaian (Assesment phase). Uji coba produk untuk melihat dari segi valid, pratis dan efektif. Validitas produk berdasarkan aspek materi/isi, media/konstruksi, dan bahasa. Praktikalitas produk diperoleh dari aspek efisien waktu dan kemudahan dalam menggunakan. Penilainan diberikan kepada 1 orang pendidik fisika dan 15 orang peserta didik kelas XI IPA MAS Yapem Tarusa melalui angket. Efektivitas produk dilihat dari berpikir kreatif peserta didik berupa tes hasil belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diberikan kepada 15 orang peserta didik kelas XI IPA MAS YapemTarusan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil dimana e-LKPD berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) berintegrasi kearifan lokal valid, praktis, dan efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif. Kevalidan e-LKPD tersebut mempunyai nilai rata–rata 85.75% dari segi materi, media/kontruksi dan bahasa dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-LKPD tersebut mempunyai nilai rata–rata 93.85% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk keefektifan produk diperoleh nilai rata–rata 80,64% dengan kategori sangat efektif. Dari hasil uji diatas dapat disimpulkan bahwa e-LKPD Menggunakan Program Sigil berbasis STEM terintegrasi kearifan lokal Talempong pada materi karakteristik gelombang mekanik dan gelombang bunyi sudah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-LkPD Sigil STEM kearifan lokal Talempong Berpikir Kreatif
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:07
Last Modified: 06 Feb 2024 02:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18528

Actions (login required)

View Item View Item