Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas VII MTsN 13 Pesisir Selatan

Putri Anggelia, Nia (2023) Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas VII MTsN 13 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER SKRIPSI)
COVER NIA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 skripsi nia anggelia putri 1814040080 .pdf - Published Version

Download (817kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3 skripsi nia anggelia putri 1814040080 .pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
Bab 5-daftar pustaka skripai nia anggelia putri 1814040080.pdf - Published Version

Download (490kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL NIA ANGGELIA PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya bahan ajar matematika yang menunjang sikap spiritual peserta didik dan bisa dipelajari dirumah, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul matematika terintegrasi nilai-nilai Islam berbasis pendekatan saintifik yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 2 tahap, yaitu tahap pendahuluan (preliminary research) terdiri dari instrumen analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis pesera didik dengan melakukan reduksi data. Tahap pengembangan (development or prototyping phase) terdiri dari instrumen, lembar validasi untuk mengukur kevalidan modul, pedoman wawancara, angket respon pendidik dan peserta didik untuk mengukur kepraktisan modul. Teknik analisis data terdiri dari teknis analisis kevalidan modul menentukan kriteria validitas dan menentukan nilai akhir validitas. Kepraktisan untuk menentukan nilai praktikalitas dan menentukan kriteria kepraktisan terdiri dari Subjek penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas VII.4 MTsN 13 Pesisir Selatan. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, pedoman wawancara, angket respon pendidik dan peserta didik. Modul matematika dikatakan valid jika memenuhi validitas isi dan kontruk. Kepraktisan dilihat dari kemudahan dalam menggunakan modul. Pada penelitian ini diperoleh modul matematika terintegrasi nilai-nilai Islam berbasis pendekatan saintifik yang valid dan praktis. Modul matematika dikategorikan sangat valid dengan persentase 92,56 % memenuhi validitas isi dan konstru yang dinilai oleh 4 validator. Kepraktisan yang diperoleh dari angket respon pendidik dan peserta didik serta hasil wawancara dengan pendidik dan peserta didik. Hasil angket untuk respon pendidik diperoleh nilai praktikalitas 90,02 % dengan kategori sangat praktis. Hasil respon peserta didik diperoleh nilai praktikalitas 89,65% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul,integrasi Nilai-nilai Islam, Pendekatan Saintifik, R&D
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D204 Modern History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:59
Last Modified: 19 Jan 2024 08:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18507

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item