Penerapan E-Modul Fisika Menggunakan STEM terhadap Literasi Sains dan Sikap Ramah Lingkungan Siswa Kelas XI MAN 1 Kerinci

Maharani, Putri (2023) Penerapan E-Modul Fisika Menggunakan STEM terhadap Literasi Sains dan Sikap Ramah Lingkungan Siswa Kelas XI MAN 1 Kerinci. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover sampai Daftar Lampiran)
cover sampai daftar .pdf - Published Version

Download (615kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI_AFTER_MUNAQASYAH repository.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran fisika yaitu literasi sains dan sikap ramah lingkungan peserta didik kelas XI MIA di MAN 1 Kerinci masih cenderung rendah. Rendahnya Literasi sain dan sikap ramah lingkungan peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran karena model pembelajaran belum bervariasi, media pembelajaran yang kurang kreatif dan cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga peserta didik meerasa mengantuk, bosan, dan sibuk dengan aktivitas. Media pembelajaran terkadang hanya terfokus pada media cetak yang di sediakan oleh pendidik sehingga peserta didik tidak mau mencari sumber lain untuk belajar. Perlunya solusi untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan media pembelajaran berupa e-Modul Fisika menggunakan STEM. Penelitian ini adalah penelitian quasy experiment dengan peserta didik kelas XI MIA di MAN 1 Kerinci dengan jumlah sampel 2 kelas sebanyak 52 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel penelitian adalah pembelajaran fisika dengan menerapkan e-Modul menggunakan STEM: pembelajaran menggunakan e-modul STEM dan pembelajaran biasa sebagai variabel bebas, literasi sains dan sikap ramah lingkungan sebagai variabel terikat, dan perbedaan gender sebagai moderator. Data di analisis menggunakan Statistic Pearson Correlation dan teknik analisis kovarian (ANACOVA) Factorial 2x2x2. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa literasi sains dan sikap ramah lingkungan peserta didik dengan pembelajaran menggunakan e-modul untuk KD 3.7 pada kelas XI MIA 1 adalah sebesar 82 sedangkan pembelajaran biasa sebesar 71. Pada kelas XI MIA 2 pembelajaran menggunakan e-Modul sebesar 77 sedangkan pembelajaran biasa sebesar 66. Selanjutnya pada KD 3.12 di kelas XI MIA 1 peserta didik laki-laki dengan menggunakan e-Modul STEM 82,2 sedangkan peserta didik perempuan menggunakan pembelajaran biasa sebesar 66. Pada kelas XI MIA 2 peserta didik menggunakan pembelajaran biasa sebesar 71 dan perempuan dengan menggunakan e-Modul STEM sebesar 77. Dilihat dari hasil penelitian tersebut hasil literasi sains dan sikap ramah lingkungan peserta didik lebih baik menggunakan e-Modul STEM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, STEM, Literasi Sains, Sikap Ramah Lingkungan
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:18
Last Modified: 06 Feb 2024 06:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18485

Actions (login required)

View Item View Item