Pelaksanaan Bimbingan Agama Islam Orang Tua Bagi Anak Tuna Wicara Di Desa Padang Rubiah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Putri, Ria (2023) Pelaksanaan Bimbingan Agama Islam Orang Tua Bagi Anak Tuna Wicara Di Desa Padang Rubiah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
RIA_PUTRI_1912020039_COVER-DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
RIA_PUTRI_1912020039_BAB_I.pdf - Published Version

Download (755kB)
[img] Text (BAB III)
RIA_PUTRI_1912020039_BAB_III.pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text (BAB V Daftar Pustaka)
RIA_PUTRI_1912020039_BAB_V+DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (491kB)
[img] Text (Fullteks)
Ria Putri_1912020039_FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pelaksanaan Bimbingan Agama Islam Orang Tua Bagi Anak Tuna Wicara Di Desa Padang Rubiah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan”, disusun oleh Ria Putri, NIM 1912020039, Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang tahun 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang terjadi pada anak tuna wicara yang mempunyai hambatan, kekurangan atau kesulitan dalam berbicara. Dilihat dari proses bimbingan agama islam yang dilakukan oleh orang tua kepada anak tuna wicara, hal ini tidak mudah seperti orang tua yang mempunyai anak terlahir secara normal. Secara idealnya anak tuna wicara sepenuhnya memahami tentang dasar ilmu agama, setelah diadakan penelitian awal terdapat asumsi bahwa walaupun anak telah dilaksanakan bimbingan agama yang dilakukan orang tua, namun masih ada anak-anak tuna wicara yang belum paham tentang ilmu agama. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis tertarik meneliti lebih lanjut bagaimana cara Pelaksanaan bimbingan Agama Islam Orang Tua Terhadap Anak Tuna Wicara di Desa Padang Rubiah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang anak tuna wicara dengan 5 pasang keluarga, yang berusia 10 – 22 tahun. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan wawancara langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) Pelaksanaan bimbingan akidah yang dilakukan orang tua terhadap anak tuna wicara, yakni belum sepenuhnya terlaksana secara optimal karena kebanyakan diantara orang tua dalam memahami ilmu agama sedikit awam dengan ilmu agama yang dimilikinya. Diantaranya mereka kebanyakan hanya memahami dasar-dasar ilmu agama saja. (2) Pelaksanaan bimbingan ibadah yang dilakukan orang tua terhadap anak tuna wicara, terdiri dari ibadah sholat, zikir, do’a dan puasa, yakni berpengaruh kepada anak. Terdapat indikasi bahwa pelaksanaan ibadah yang paling dominan yang dilakukan orang tua kepada anak adalah dirumah dengan cara mereka mempraktekkan secara langsung dan juga mencontohkan apa yang mereka peragakan kepada anak, sehingga anak dapat memahaminya. (3) Pelaksanaan bimbingan akhlak yang dilakukan orang tua terhadap anak tuna wicara, yaitu akhlak kepada Allah, kepada sesama manusia, dan akhlak kepada alam. Dimana terdapat perubahan akhlak yang terlihat pada anak, perubahan ini mendorong anak lebih bersikap positif terhadap lingkungan tempat tinggalnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam,Orang Tua, Anak Tuna Wicara
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Lingkungan Sosial dalam Islam
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Interaksi Sosial dalam Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 16 Oct 2023 08:50
Last Modified: 16 Oct 2023 08:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18481

Actions (login required)

View Item View Item